Efektivitas Menghafal Al-Qur’an Melalui Program My Huffazh di MA Ruhul Islam Anak Bangsa

Nanda Fitrya, 160201006 (2020) Efektivitas Menghafal Al-Qur’an Melalui Program My Huffazh di MA Ruhul Islam Anak Bangsa. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Membahas Tentang Efektivitas Menghafal Al-Qur’an melalui Proram My Huffazh]
Preview
Text (Membahas Tentang Efektivitas Menghafal Al-Qur’an melalui Proram My Huffazh)
Nanda Fitrya, 160201006, FTK, PAI, 082360618430.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

MA Ruhul Islam Anak Bangsa merupakan salah satu sekolah berbasis pondok pesantren yang menerapkan program menghafal al-Qur’an, namun pelaksanaan program tidak berjalan efektif dikarenakan kurikulum yang padat sehingga didirikanlah program My Huffazh untuk membantu santri menghafal al-Qur’an. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana proses pembinaan yang dilakukan oleh ustad dan ustadzah dalam meningkatkan hafalan al-Qur’an melalui program My Huffazh di MA Ruhul Islam Anak Bangsa. (2) Sejauh mana efektivitas metode yang digunakan dalam proses menghafal al-Qur’an melalui program My Huffazh di MA Ruhul Islam Anak Bangsa. (3) Apa kelebihan dan kekurangan program My Huffazh dibandingkan dengan metode lain. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun dalam teknik pengumpulan data, penulis menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil yang peneliti dapatkan dilapangan, perkembangan menghafal al-Quran melalui program My Huffazh menunjukkan peningkatan dalam jumlah hafalan santri. Pada program My Huffazh tidak menggunakan metode khusus terhadap santri dalam menghafal, hanya menggunakan metode talaqqi dalam menyetorkan hafalan yaitu menyetor langsung kepada ustad atau ustadzah. Program My Huffazh juga berjalan efektif dilihat dari segi pelaksanaan program dan tingkat pencapaian target yang selalu bertambah. Namun terdapat kendala yaitu kurangnya keseriusan santri yang diakibatkan oleh rasa malas dan jenuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Prof. Dr. Farid Wajdi Ibrahim, M.A 2. Syafruddin, S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Menghafal Al-Qur’an, Program My Huffazh
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nanda Fitrya Nanda
Date Deposited: 08 Sep 2020 02:43
Last Modified: 08 Sep 2020 02:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13768

Actions (login required)

View Item
View Item