Sistem Penetapan Gaji Guru Kontrak Di Kabupaten Aceh Jaya Dalam Perspektif Akad Ijarah Bi Al-Amal (Studi Tentang Relevansi Gaji Dengan Kecukupan Hidup Layak Guru Di Daerah Terpencil)

Mela Ratna, 150102138 (2020) Sistem Penetapan Gaji Guru Kontrak Di Kabupaten Aceh Jaya Dalam Perspektif Akad Ijarah Bi Al-Amal (Studi Tentang Relevansi Gaji Dengan Kecukupan Hidup Layak Guru Di Daerah Terpencil). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Sistem Penetapan Gaji Guru Kontrak Di Kabupaten Aceh Jaya Dalam Perspektif Akad Ijarah Bi Al-Amal (Studi Tentang Relevansi Gaji Dengan Kecukupan Hidup Layak Guru Di Daerah Terpencil)]
Preview
Text (Sistem Penetapan Gaji Guru Kontrak Di Kabupaten Aceh Jaya Dalam Perspektif Akad Ijarah Bi Al-Amal (Studi Tentang Relevansi Gaji Dengan Kecukupan Hidup Layak Guru Di Daerah Terpencil))
Sistem Penetapan Gaji Guru Kontrak Di Kabupaten Aceh Jaya Dalam Perspektif Akad Ijarah Bi Al-Amal (Studi Tentang Relevansi Gaji Dengan Kecukupan Hidup Layak Guru Di Daerah Terpencil).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Gaji sebagai imbalan atas jasa dan usaha yang telah dilakukan oleh seseorang terhadap orang yang membutuhkan, dan upah menjadi hak pihak pekerja dan merupakan kewajiban bagi yang memperkerjakan. Dalam fiqh muamalah, upah yang diberikan didasarkan atas kesepakatan dengan asas kelayakan bagi pihak pekerja atas jasa dan tenaga yang dikeluarkan untuk melakukan pekerjaannya tersebut. Dalam kasusini, pihak Pemkab Aceh Jaya menetapkan sistem penggajian dan insentif yang berbeda untuk guru kontrak di daerah terpencil dan sekolah biasa. Pertanyaan penelitian yang menjadi tujuan penelitian ini adalah bagaimana pengklasifikasian gaji guru kontrak dan relevansinya terhadap kecukupan nafkah guru kontrak dan bagaimana penetapan gaji guru kontrak di daerah terpencil tersebut menurut konsep ijarah bi al-amal. Metode yang digunakan adalah deskriptif analisis dengan pengumpulan data dilakukan melalui intervie dan data dokumentasi. Hasil penelitian ditemukan, sistem penetapan upah gaji guru kontrak daerah terpencil pada Dinas Pendidikan Aceh Jaya didasarkan pada Peraturan Bupati Aceh Jaya No 65 Tahun 2017 gaji guru kontrak tingkat Diploma II dan Diploma III sebesar Rp1.300.000, guru tingkat Sarjana Rp 1.500.000. yang pencairannya 3 bulan sekali. Sedangkan insentif yang diberikan untuk guru di daerah terpencil setara dengan gaji bulanannya yaitu Diploma II dan Diploma III sebesar Rp1.500.000, guru tingkat Sarjana Rp 1.500.000. yang dicairkan setiap bulan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Mela Ratna
Date Deposited: 08 Sep 2020 03:54
Last Modified: 08 Sep 2020 03:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13781

Actions (login required)

View Item
View Item