Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis POE (Predict-Observe-Explain) Pada Materi Getaran Harmonis

Fitri Mulia Arma, 160204037 (2020) Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis POE (Predict-Observe-Explain) Pada Materi Getaran Harmonis. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis POE (Predict-Observe-Explain) Pada Materi Getaran Harmonis]
Preview
Text (Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis POE (Predict-Observe-Explain) Pada Materi Getaran Harmonis)
Fitri Mulia Arma, 160204037, FTK, PFS, 082250435793.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview
Official URL: https://library.ac.id/

Abstract

Rendahnya pemahaman konsep dan aktivitas peserta didik antara lain dikarenakan perangkat pembelajaran yang digunakan pendidik masih dengan model pembelajaran konvensional, sehingga pemilihan model yang tepat pada perangkat pembelajaran menjadi alternatif untuk peserta didik dapat berpartisipasi, aktif, kreatif, terhadap materi yang diajarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendesain perangkat pembelajaran berbasis POE (Predict-Observe-Explain) pada materi getaran harmonis, dan untuk menganalisis tingkat kelayakan perangkat pembelajaran berbasis POE (Predict-Observe-Explain) pada materi getaran harmonis. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) adalah metode penelitian untuk mengembangkan atau memperbaiki produk, produk yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Lembar Kegiatan Peserta Disik (LKPD), dengan model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan perangkat pembelajaran ini adalah model ADDIE. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen lembar validasi oleh validator, dan pengumpulan data dilakukan dengan lembar validasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), lembar validasi media berupa LKPD, dan lembar validasi materi, dimana validator ahli memberi tanda centang pada baris dan kolom yang sesuai, menulis butir-butir revisi jika terdapat kekurangan pada bagian saran. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data hasil validasi perangkat pembelajaran berbasis POE (Predict-Observe-Explain) pada materi getaran harmonis. Berdasarkan hasil penelitian desain perangkat pembelajaran berbasis POE (Predict-Observe-Explain) pada materi getaran harmonis mengacu pada model ADDIE, dan uji kelayakan perangkat pembelajaran berbasis POE (Predict-Observe-Explain) pada materi getaran harmonis ini dilakukan menggunakan uji validasi oleh validator ahli. Berdasarkan uji validasi didapatkan hasil persentase 81% untuk RPP, untuk desain media mendapatkan persentase 77,5%, dan substansi materi mendapatkan persentase 90,4%. Dari persentase tersebut perangkat pembelajaran berbasis POE (Predict-Observe-Explain) pada materi getaran harmonis ini layak digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dra. Nurulwati, M.Pd Pembimbing II : Mulyadi Abdul Wahid, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran, RPP, LKPD, Model POE, Getaran Harmonis
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Fitri Mulia Arma Fitri
Date Deposited: 09 Sep 2020 03:09
Last Modified: 09 Sep 2020 03:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13798

Actions (login required)

View Item
View Item