Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung di SMP Berbasis Budaya Masyarakat Pesisir Aceh Utara.

Fadhilah Ata, 160205096 (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung di SMP Berbasis Budaya Masyarakat Pesisir Aceh Utara. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung di SMP Berbasis Budaya Masyarakat Pesisir Aceh Utara.)
Fadhilah Ata, 160205096, FTK, PMA, 085281531532.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (21MB) | Preview

Abstract

Pemaanfaatan budaya ke dalam pembelajaran matematika sangatlah penting karena dapat menambah wawasan peserta didik mengenai budaya yang dipelajarinya. Berdasarkan analisis RPP guru matematika masih kurang dalam memanfaatkan unsur-unsur kebudayaan setempat dan belum menyinggung pembelajaran matematika dengan pendekatan etnomatematika kehidupan peserta didik asal kabupaten Aceh Utara, terutama pada materi bangun ruang sisi lengkung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran materi bangun ruang sisi lengkung di SMP berbasis budaya masyarakat pesisir Aceh Utara serta diharapkan menambah pengetahuan budaya peserta didik. Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan (Research and Development (R&D), menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi dan desain eksplorasi. Data dan sumber data berupa pengembangan materi matematika yang dikembangkan dalam bentuk media berbasis budaya. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket di tingkat SMP yang ada di Aceh Utara dengan menggunakan teknik multisage random sampling. Analisis data menggunakan analisis deskriptif yang memaparkan proses pengembangan media baik dalam bentuk slide power point maupun video pembelajaran. Hasil penelitian diperoleh media pembelajaran yang dikembangkan berupa video dan ppt menunjukkan kelayakan untuk dapat digunakan. Media yang dikembangkan ini mengacu pada pendekatan yang mengarah kepada kebudayaan yang berada di Aceh Utara. Media tersebut dapat dijadikan alternative untuk diterapkan saat pembelajaran tatap muka maupun daring.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Drs. Lukman Ibrahim, M. Pd Pembimbing 2 : Novi Trina Sari, S. Pd. I., M. Pd.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.7 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Fadhilah Ata Ata
Date Deposited: 09 Sep 2020 03:49
Last Modified: 09 Sep 2020 03:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13803

Actions (login required)

View Item View Item
TOP