Persepsi Guru Dan Siswa Tentang Pemanfaatan Perangkat Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Dalam Pembelajaran Fisika Di SMA Negeri 1 Langsa

Ramadhani Andrawina Ulpha, 150204092 (2020) Persepsi Guru Dan Siswa Tentang Pemanfaatan Perangkat Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Dalam Pembelajaran Fisika Di SMA Negeri 1 Langsa. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (Persepsi Guru Dan Siswa Tentang Pemanfaatan Perangkat Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Dalam Pembelajaran Fisika Di SMA Negeri 1 Langsa)
Persepsi Guru Dan Siswa Tentang Pemanfaatan Perangkat Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Dalam Pembelajaran Fisika Di SMA Negeri 1 Langsa.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada saat ini, proses belajar mengajar telah menggunakan teknologi informasi dan komunikasi sebagai kebutuhan dalam menunjang kelancaran proses pembelajaran selain itu juga menumbuhkan motivasi belajar bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru dan siswa tentang pemanfaatan perangkat teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pembelajaran fisika SMA Negeri 1 Langsa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Langsa, subjek dalam penelitian ini adalah 7 orang guru yang mengajar di bidang fisika dan 55 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan angket. Teknik analisis data dilakukan dengan cara menganalisis statistik deskriptif persentase. Hasil penelitian diperoleh bahwa 33,68% guru sangat setuju, 55,07% guru setuju, dan 12,25% guru tidak setuju. Persepsi siswa tentang pemanfaatan TIK diperoleh bahwa 19,47% siswa sangat setuju, 66,89% siswa setuju, 14,03% siswa tidak setuju dan 5,4% siswa sangat tidak setuju. Berdasarkan persentase diatas dapat disimpulkan bahwa menggunakan teknologi informasi dan komunikasi sangat membantu guru dalam proses pembelajaran fisika. Siswa lebih termotivasi dan antusias dalam belajar jika guru mengajar dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Ramadhani Andrawina Ulpha Ramadhani
Date Deposited: 21 Sep 2020 04:06
Last Modified: 21 Sep 2020 04:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13808

Actions (login required)

View Item View Item
TOP