Pengelolaan Tata Ruang Kantor dalam Peningkatan Kinerja Guru

Novi Anggriani, 160206002 (2020) Pengelolaan Tata Ruang Kantor dalam Peningkatan Kinerja Guru. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengelolaan Tata Ruang Kantor dalam Peningkatan  Kinerja Guru]
Preview
Text (Pengelolaan Tata Ruang Kantor dalam Peningkatan Kinerja Guru)
Novi Anggriani, 160206002 FTK, MPI, 082167644805.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pengelolaan tata ruang kantor merupakan suatu hal yang perlu dilakukan untuk membantu meningkatkan kualitas pencapaian kinerja guru. Berupaya dalam memotivasi semangat kerja guru melalui kondisi ruangan yang kondusif sehingga memberikan kenyamanan melakukan aktivitas, yang berpotensi pada kegiatan proses belajar mengajar. Faktanya masih banyak sekolah yang kurang memperhatikan penataan ruang kantor. Oleh karena itu, setiap sekolah seharusnya merencanakan dengan sebaik mungkin apabila hendak menata ruang kantor. Karena pengelolaan tata ruang kantor yang baik akan berdampak baik pada kinerja guru, dan kualitas sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan dan pelaksanaan tata ruang kantor di SMA Negeri 1 Kutacane, guru di SMA Negeri 1 Kutacane. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini wakakurikulum, waka sarana dan prasarana, serta guru. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan tata ruang kantor di SMA Negeri 1 Kutacane sudah berjalan dengan baik walaupun belum sesuai. Pelaksanaan tata ruang kantor di SMA Negeri 1 Kutacane melakukan dengan cara saling bekerjasama dalam menata ruang kantor, untuk memenuhi kebutuhan yang mendukung kegiatan di kantor. Hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan ruang kantor di SMA Negeri 1 Kutacane adalah besarnya muatan ruang belum sesuai dengan jumlah guru yang ada. Memiliki fasilitas yang cukup memadai, namun untuk pemanfaatan belum sepenuhnya maksimal, karna masih didapatkan prabot kantor yang disusun sesuai dengan keinginan bukan dengankebutuhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Drs. Yusri M. Daud, M.Pd Pembimbing II : Dr. Murni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Tata ruang Kantor dan Kinerja Guru
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.6 Bagunan Fisik Sekolah; Manajemen Materi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Novi Anggriani
Date Deposited: 09 Sep 2020 04:01
Last Modified: 09 Sep 2020 04:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13844

Actions (login required)

View Item
View Item