Kebijakan Kepala Madrasah Dalam Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Di MAN 1 Aceh Selatan

Urwatul Wuzqa Musliasari, 160206057 (2020) Kebijakan Kepala Madrasah Dalam Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Di MAN 1 Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Kebijakan Kepala Madrasah Dalam Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Di MAN 1 Aceh Selatan]
Preview
Text (Kebijakan Kepala Madrasah Dalam Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Di MAN 1 Aceh Selatan)
Urwatul Wuzqa Musliasari, 160206057, FTK, MPI, 082274956168.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kebijakan kepala madrasah ialah suatu keputusan atau tindakan yang sudah diputuskan terlebih dahulu yang dibuat secara arif dan bijaksana oleh kepala madrasah untuk seseorang/sekelompok guna untuk mencapai tujuan yang diinginkan dengan melangkah lebih maju kearah masa depan yang lebih baik. Kebijakan sering disamakan dengan rencana dan program, bahkan tidak dibedakan antara perbuatan kebijakan (policy making) dengan pembuatan kebijakan (decision making). Guru masih menganggap bahwa kebijakan itu hanyalah aturan yang harus diikuti bukanlah kebutuhan guru, sehingga dampaknya terhadap kompetensi guru yang rendah karena mengabekan kebijakan kepala madrasah. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kebijakan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di MAN 1 Aceh Selatan. Kajian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, teknik wawancara, dan studi dokumentasi, sumber data yang digunakan adalah kepala madrasah sebagai informan kunci, 2 dewan guru dan 2 peserta didik sebagai informan pendukung. Hasil penelitian menujukan bahwa (1) kebijakan yang diberikan kepala sekolah sudah cukup baik, (2) kompetensi pedagogik guru masih harus selalu ditingkatkan (3) kebijakan kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru sangat berpengaruh. Hasil penelitian ini dipadang layak untuk diadopsi oleh pemegang kebijakan pendidikan guna dalam mencerdaskan mereka yang terlibat dalam pendidikan. dimana guru harus memiliki kompetensi atau kemampuan yang berguna, sehingga dengan adanya kompetensi yang dimiliki oleh guru akan menghasilkan generasi-generasi bangsa yang hebat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Mujiburrahman, M.Ag 2. Ainul Mardhiah, MA.Pd
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Urwatul Wuzqa Musliasari
Date Deposited: 10 Sep 2020 02:30
Last Modified: 10 Sep 2020 02:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13851

Actions (login required)

View Item
View Item