Persepsi Orang Tua Terhadap Sistem Pembelajaran Berbasis Online Di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19

Che’ Muliana Sari, 160209081 (2020) Persepsi Orang Tua Terhadap Sistem Pembelajaran Berbasis Online Di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Persepsi Orang Tua Terhadap Sistem Pembelajaran Berbasis Online Di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19]
Preview
Text (Persepsi Orang Tua Terhadap Sistem Pembelajaran Berbasis Online Di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19)
Che' Muliana Sari, 160209081, FTK, PGMI, 082311608303.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (386kB) | Preview

Abstract

Sistem pembelajaran mengalami perubahan selama masa pandemi Covid-19. Orang tua harus menggantikan peran guru untuk mengajarkan anaknya dirumah. Hal ini membuat orang tua merasa kesulitan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) persepsi orang tua terhadap sistem pembelajaran berbasis online di rumah pada masa pandemi covid-19, (2) apa saja kendala yang dihadapi orang tua selama proses pembelajaran online di rumah, (3) serta upaya apa yang dilakukan orang tua dalam mengatasi kendala tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah orang tua dari siswa SD dan MIN yang tinggal di Kecamatan Meuraxa Kota Banda Aceh. Penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 20 orang tua. Instrumen penelitian ini adalah angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjuk; (1) persepsi orang tua terhadap pembelajaran berbasis online dirumah pada masa pandemi Covid-19 tidak dapat diterapkan secara efektif karena adanya kendala yang dihadapi oleh orang tua, (2) kendala yang dihadapai orang tua selama proses pembelajaran online dirumah pada saat pandemi Covid-19 adalah waktu luang yang minim, fasilitas yang tidak memadai (kuota internet, laptop, dan smartphone) dan juga kurangnya pemahaman materi yang diberikan, sedangkan (3) upaya dalam mengatasi kendala tersebut yaitu menyediakan waktu khusus, menyediakan fasilitas dan menghubungi guru untuk meminta penjelasan materi dan jadwal konsultasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial > 303.4 Perubahan sosial > 303.48 PerkembanganSains dan Teknologi
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 379 Isu kebijakan publik menyangkut pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Che' Muliana Sari
Date Deposited: 10 Sep 2020 04:12
Last Modified: 10 Sep 2020 04:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13870

Actions (login required)

View Item
View Item