Al-Wujūdiyyatu fī Riwāyati “Ḥimāru al-Ḥakīmu” li Al-Taufīqi al-Ḥakīmi

Alhadi Isma, 150502022 (2020) Al-Wujūdiyyatu fī Riwāyati “Ḥimāru al-Ḥakīmu” li Al-Taufīqi al-Ḥakīmi. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Al-Wujūdiyyatu fī Riwāyati “Ḥimāru al-Ḥakīmu” li Al-Taufīqi al-Ḥakīmi]
Preview
Text (Al-Wujūdiyyatu fī Riwāyati “Ḥimāru al-Ḥakīmu” li Al-Taufīqi al-Ḥakīmi)
Alhadi Isma ,150502022, FAH, BSA, 082365450168.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Al-Wujūdiyyatu fī Riwāyati “Ḥimāru al-Ḥakīmu” li Al-Taufīqi al-Ḥakīmi”. Peneliti ini mengungkap eksistensialisme tokoh-tokoh dalam novel “Ḥimār al-Ḥakīmi” Karya li Taufīqi al-Ḥakīmi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis. Adapun hasil yang didapat adalah eksistensialisme terbagi kepada 4 macam yaitu. Pertama, al-wujūdiyyatu fī ḥurīyati adalah manusia sejati dipandang sebagai hasil dari tindakan kebebasannya. Menjadi diri sendiri hanya mungkin jika orang memilih diri sendiri dan menentukan kehidupan mereka yang baik. Kedua, al-wujūdiyyatu fī khayāli adalah imajinasi dari kekuatan misterius, kekuatan imajiner. Imajinasi tidak sama dengan realitas sejati (realitas objektif). Ketiga, al-wujūdiyyatu fī iḥtisāni adalah perasaan kesepian dan keterasingan, sifat atau pengalaman dalam kehidupan seseorang dimana ada perasaan tidak berdaya, tidak berguna dan kehilangan gairah untuk hidup. Keempat al-wujūdiyyatu fī as-syakhṣhīyati ar-raīṣīyah adalah kehadiran didunia adalah fitur dari keberadaan manusia yang berbeda dari keberadaan makhluk lain, ini berarti bahwa manusia ada pada saat yang sama menunjukkan kehadiran mereka didunia selama desain, perawatan atau konstruksi dunia mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing: 1. Syarifuddin, M.A, Ph.D 2. Chairunnisa Ahsana AS, M.Hum
Uncontrolled Keywords: Eksistensilisme, kebebasan dan imajinasi
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330.01 Filsafat dan Teori
800 Literature (Sastra) > 890 Other Literatures (Kesusastraan Lain-lain)
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Alhadi Isma
Date Deposited: 11 Sep 2020 02:52
Last Modified: 11 Sep 2020 02:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13871

Actions (login required)

View Item
View Item