Efektivitas Pelaksanaan Qanun Kabupaten Pidie No. 7 Tahun 2012 tentang Penertiban Pemeliharaan Hewan Ternak

T. Moh. Fadhillah, 140104052 (2019) Efektivitas Pelaksanaan Qanun Kabupaten Pidie No. 7 Tahun 2012 tentang Penertiban Pemeliharaan Hewan Ternak. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Efektivitas Pelaksanaan Qanun Kabupaten Pidie No. 7 Tahun 2012 tentang Penertiban Pemeliharaan Hewan Ternak]
Preview
Text (Efektivitas Pelaksanaan Qanun Kabupaten Pidie No. 7 Tahun 2012 tentang Penertiban Pemeliharaan Hewan Ternak)
T. Moh. Fadhillah, 140104052, FSH, HPI, 081360516116.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Dalam Qanun tentang Penertiban Pemeliharaan Hewan Ternak di Pidie dijelaskan bahwa para peternak dilarang melepaskan hewan ternaknya ke wilayah perkotaan, jalan-jalan umum dan tempat umum. Dari perjalanan panjang aturan yang diberlakukan dalam penertiban hewan ternak di Kabupaten Pidie, masih belum efektif. Hal ini terbukti dari masih banyak hewan ternak berkeliaran dimana-mana yang dapat mangganggu ketertiban umum, kebersihan lingkungan serta dapat mencelakai pengguna jalan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab banyaknya pelanggaran terhadap Qanun tentang Penertiban Pemeliharaan Hewan Ternak di Pidie dan untuk mengetahui upaya dan hambatan dalam pelaksanaan Qanun tentang Penertiban Pemeliharaan Hewan Ternak di Pidie. Untuk mencapai tujuan penelitian, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif fenomenologi dengan teknik pengumpulan data observasi partisipan dan wawancara. Dari segi pengambilan kesimpulan, peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif analisis. Dari hasil penelitian diketahui faktor-faktor yang menyebabkan banyaknya pelanggaran terhadap penegakan Qanun Kab. Pidie No. 7 tahun 2012 tentang Penertiban Pemeliharaan Hewan Ternak adalah sosialisasi terhadap qanun tentang penertiban hewan ternak di pidie kurang maksimal, Tingkat kesadaran hukum masyarakat Pidie kurang, Kebiasaan melepas ternak setelah musim panen, dan penegakan hukum oleh aparatur hukum belum maksimal. Adapun dampak yang datang akibat pelanggaran tersebut adalah mengganggu lalu lintas, kecelakaan di lalu lintas, mengganggu pasar tradisional, pencemaran lingkungan, dan merusak lahan pertanian. Upaya Pemerintah Kab. Pidie terhadap penegakan qanun tersebut yaitu melakukan himbauan terhadap geuchik-geuchik di gampong, melakukan penyuluhan terhadap masyarakat, melakukan patroli penertiban hewan ternak, dan melakukan penangkapan terhadap hewan ternak yang berkeliaran. Sedangkan hambatan dalam pelaksanaan Qanun Penertiban Hewan Ternak di Pidie yaitu terjadinya bentrokan dengan masyarakat, kebiasaan melepas ternak, dan alat penangkapan kurang memadai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Khairuddin, M.Ag Pembimbing II : Fakhrurrazi M. Yunus, Lc, MA
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.5 Hukum Pidana Islam (Jinayat)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Pidana Islam
Depositing User: T. Moh Fadhillah
Date Deposited: 14 Sep 2020 02:38
Last Modified: 14 Sep 2020 02:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13929

Actions (login required)

View Item
View Item