Peran Kepala Sekolah dalam Peningkatan Fasilitas Pembelajaran Anak Usia Dini Di TK Nur Annisa Banda Aceh

Suci Rahma Dilla, 160206104 (2020) Peran Kepala Sekolah dalam Peningkatan Fasilitas Pembelajaran Anak Usia Dini Di TK Nur Annisa Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Peran Kepala Sekolah dalam Peningkatan Fasilitas Pembelajaran Anak Usia Dini Di TK Nur Annisa Banda Aceh]
Preview
Text (Peran Kepala Sekolah dalam Peningkatan Fasilitas Pembelajaran Anak Usia Dini Di TK Nur Annisa Banda Aceh)
Suci Rahma Dilla, 160206104, FTK, MPI, 081260923855.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kepala sekolah sebagai pemimpin di sekolah yang mempunyai kewajiban dalam mengelola dan melaksanakan tugasnya untuk memfasilitasi semua potensi-potensi yang ada di sekolah. Peran kepala sekolah di TK Nur Annisa Banda Aceh dalam peningkatan fasilitas pembelajaran anak usia dini sangatlah penting yaitu dengan tersedianya fasilitas pembelajaran maka proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar dan teratur dan juga dapat menumbuhkan semangat anak dalam belajar sambil bermain. Selain itu peran kepala sekolah juga harus dapat mengatur guru dalam penggunaan dan pemeliharaan fasilitas pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kebijakan dan perencanaan kepala sekolah dalam peningkatan fasilitas pembelajaran anak usia dini di TK Nur Annisa Banda Aceh, untuk mengetahui pelaksanaan program peningkatan fasilitas pembelajaran anak usia dini di TK Nur Annisa Banda Aceh, dan untuk mengetahui peluang dan tantangan kepala sekolah dalam peningkatan fasilitas pembelajaran anak usia dini di TK Nur Annisa Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan dan perencanaan kepala sekolah dalam peningkatan fasilitas pembelajaran anak usia dini di TK Nur Annisa Banda Aceh sudah terlaksanakan namun belum maksimal. Dengan adanya kebijakan dan perencanaan kepala sekolah dapat memberikan arahan kepada guru kedepannya dalam proses peningkatan fasilitas pembelajaran sehingga dapat memberikan kelancaran dan kemudahan dalam proses pembelajaran. Kemudian pelaksanaan program peningkatan fasilitas pembelajaran meliputi beberapa kegiatan yaitu: a) perencanaan, b) pengadaan, c) inventarisasi, d) penggunaan, e) pemeliharaan. Peluang dan tantangan yang dihadapi kepala sekolah dalam peningkatan fasilitas pembelajaran anak usia dini adalah melakukan pembaharuan fasilitas pembelajaran dengan penambahan media pembelajaran dan permainan. Sedangkan tantangan yang dihadapi sekolah yang pertama kurangnya pemahaman orang tua terhadap pentingnya fasilitas pembelajaran bagi anak usia dini. Kedua keterbatasan dana yang dimiliki sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Mujiburrahman, M.Ag Pembimbing II : Ti Halimah, S.Pd.I.,MA
Uncontrolled Keywords: Peran Kepala Sekolah, Fasilitas Pembelajaran, Taman Kanak-Kanak
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.6 Bagunan Fisik Sekolah; Manajemen Materi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Suci Rahma Dilla
Date Deposited: 11 Sep 2020 02:15
Last Modified: 11 Sep 2020 02:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13941

Actions (login required)

View Item
View Item