Husna Hakim, 150210026 (2020) Penerapan Metode One Day One Ayat Mengembangkan Kemampuan Anak Dalam menghafal Juz Amma Di TK FKIP Unsyiah Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Husna Hakim,150210026, FTK, PIAUD, 082167319657.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB) | Preview
Abstract
Menghafal Juz Amma yang dilakukan dalam proses pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan anak dalam mengembangkan hafalannya masih kurang efektif, dikarenakan kurangnya fasilitas dan metode yang digunakan, disinilah peran peneliti sangat dibutuhkan dalam mengembangkan kemampuan hafalan Juz Amma pada anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan dalam penerapan metode ODOA terhadap kemampuan hafalan Juz Amma pada anak. Jenis penelitian yaitu eksperimen dengan menggunakan one group pretest-posttest design. Subjek yang berjumlah 7 anak dengan 3 laki-laki dan 4 perempuan. Data hasil pengembangan kemampuan hafalan pada anak dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi yang berisi ceklist pengembangan kemampuan hafalan Juz Amma pada anak melalui penerapan metode ODOA. Data-data tersebut dianalisis dengan deskriptif kuantitatif yang dibantu dengan rumus uji-T. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengembangan dalam menghafal Juz Amma dengan penerapan metode ODOA pada saat pre-test mencapai 42,85%, post-test 91,42%. Data hasil uji-T diperoleh thitung > ttabel yaitu 16,552 > 2,447. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode ODOA dapat mengembangkan kemampuan hafalan Juz Amma pada.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1. Dra. Aisyah Idris, M. Ag 2. Munawwarah, S. Pd, M. Pd |
Uncontrolled Keywords: | Metode one day one ayat, Kognitif, Menghafal Juz Amma |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Husna Hakim |
Date Deposited: | 11 Sep 2020 03:45 |
Last Modified: | 11 Sep 2020 03:45 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13977 |