Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining (SFAE) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar

Reyhan Saumi, 140205152 (2020) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining (SFAE) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining (SFAE) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa]
Preview
Text (Membahas Tentang Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining (SFAE) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa)
Reyhan Saumi, 140205152, FTK, PMA, 082272952171.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (18MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar adalah penilaian terhadap kemampuan siswa sebagai ukuran untuk mengetahui sejauh mana tingkat kepahaman siswa selama mengikuti proses pembelajaran. Namun hasil belajar matematika siswa masih tergolong rendah, sehingga dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat membuat hasil belajar matematika siswa menjadi lebih baik. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining merupakan suatu model yang dapat membuat hasil belajar matematika siswa menjadi lebih baik. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa pada materi bentuk aljabar yang diajarkan dengan menggunakan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining daripada hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional di SMP Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu Quasi Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar. Teknik pengambilan sampel diambil dengan teknik Random Sampling, yaitu pengambilan sampel sebanyak dua kelas secara acak. Penelitian ini melibatkan dua kelas, yaitu kelas VII sebagai kelas ekperimen dan kelas VII sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes tulis. Dari hasil penelitian diperoleh hasil pengolahan data statistik uji-t diperoleh t B hitung = 2,68 dan t v tabel A =1,675. Maka t sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa pada materi bentuk aljabar yang diajarkan dengan menggunakan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional di SMP Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Drs. H. Adnan Ismail, M.Pd. 2. Zikra Hayati, S.Pd.I, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Student Facilitator and Explaining, Hasil Belajar
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Reyhan Saumi Saumi
Date Deposited: 15 Sep 2020 03:08
Last Modified: 15 Sep 2020 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13988

Actions (login required)

View Item
View Item