Upaya Penanganan Gangguan Interaksi Sosial Pada Anak Autis Di Rumah ABK Di Punge Banda Aceh

Wardiana, 150213084 (2020) Upaya Penanganan Gangguan Interaksi Sosial Pada Anak Autis Di Rumah ABK Di Punge Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Upaya Penanganan Gangguan Interaksi Sosial Pada Anak  Autis]
Preview
Text (Upaya Penanganan Gangguan Interaksi Sosial Pada Anak Autis)
Wardiana, 150213084, FTK, BK, 082363114905.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Gangguan Iteraksi Sosial, Anak Berkebutuhan Khusus
Penelitian berjudul upaya penanganan gangguan interaksi sosial pada anak autis di
rumah anak berkebutuhan khusus di Punge Banda Aceh, bertujuan untuk
mengetahui penanganan gangguan interaksi sosial pada anak autis yang dilakukan
terapis di rumah anak berkebutuhan khusus di Punge Banda Aceh dan diharapkan
dapat memberikan kontribusi dalam penanganan problem interaksi sosial anak
autis.Penelitian ini merupakan penelitian lapangan menggunakan analisis
deskriptif kualitatif dengan mengambil subjek 2 guru (terapis) dan 1
(pengurus)rumah anak berkebutuhan khusus Punge Banda Aceh. Objek dalam
penelitian ini adalah tentang upaya penanganan gangguan interaksi sosial yang di
terapkan di rumah Anak Berkebutuhan Khusus di Punge Banda Aceh. Dengan
menggunakan beberapa informan untuk melakukan wawancara dan observasi,
sumber data yang digunakan adalah sumber primer yaitu informasi yang
bersumber dari pengamatan langsung kelokasi penelitian dengan cara observasi
dan wawancara. Sedangkan sumber sekunder yaitu data yang diperoleh dari
dokumentasi untuk melengkapi data-data primer. Pengumpulan data dilakukan
melalui observasi, wawancara dan dokumentas.Hasil penelitian menunjukkan
bahwa penanganan problem interaksi sosial anak autis di rumah ABK di Punge
Banda Aceh dilakukan dengan penanganan dini yaitu dengan melatih pemberian
salam, massage, senam pagi, sholat duha, makan, bermain bersama, kegiatan
memanah, dan terapi lain yang lebih komplek dan penanganan terpadu meliputi
terapi okupasi, terapi wicara dan lainnya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Chairan M. Nur, M.Ag 2. Maulida Hidayati, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Gangguan Iteraksi Sosial, Anak Berkebutuhan Khusus
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Wardiana
Date Deposited: 15 Sep 2020 01:57
Last Modified: 15 Sep 2020 01:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14001

Actions (login required)

View Item
View Item