Indeks Kepuasan Mahasiswa terhadap Pelayanan Sub Bagian Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Ika Yunanda Risky, 160802136 (2020) Indeks Kepuasan Mahasiswa terhadap Pelayanan Sub Bagian Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Tentang Pelayanan Sub Bagian Akademik]
Preview
Text (Tentang Pelayanan Sub Bagian Akademik)
Ika Yunanda Risky, 160802136, FISIP, IAN, 085260255094.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Pada era globalisasi seperti saat ini, kualitas pelayanan dipandang sebagai sebuah alat untuk mencapai keunggulan kompetitif, karena kualitas layanan merupakan salah satu faktor yang menentukan pemilihan sesuatu yang dapat memuaskan mahasiswa. Kepuasan para mahasiswa akan tercapai apabila kualitas jasa yang diberikan sesuai dengan kebutuhannya. Sub Bagian Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan UIN Ar-Raniry memberikan jenis layanan berupa mengurus jadwal perkuliahan, melayani cuti kuliah, melayani penerbitan surat keterangan aktif kuliah/mahasiswa, dan berbagai urusan kemahasiswaan yang berkaitan dengan akademik mahasiswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan penelitian Cross Sectional. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan mengenai Indeks Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Sub Bagian Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan UIN Ar-Raniry Banda Aceh, sesuai dengan pedoman Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 1 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat, pelayanan pada Sub Bagian Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan UIN Ar-Raniry Banda Aceh berjalan dengan baik dimana didapatkan hasil indeks kepuasan mahasiswa dilihat dari 10 indikator dari Unsur Pelayanan dan SOP Sub Bagian Akademik FISIP UIN Ar-Raniry dengan nilai konversi IKM = ∑NRR Tertimbang x 20 (Nilai Konversi IKM = 4,302 X 20 = 86,04) mutu pelayanan “A” yang berarti Sangat Baik atau Sangat Puas.
Kata Kunci : Kepuasan, Pelayanan, Mahasiswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Fakhruddin, SE, MM 2. Siti Nur Zalikha, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kepuasan, Pelayanan, Mahasiswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Ika Yunanda Risky Ika
Date Deposited: 14 Sep 2020 03:10
Last Modified: 14 Sep 2020 03:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14004

Actions (login required)

View Item
View Item