Gunawan Adnan, 2016126801 and Rukminingsih, - and Mohammad Adnan Latief, - (2020) Metode Penelitian Pendidikan: Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. I ed. Erhaka Utama, Yogyakarta. ISBN 978-602-5715-34-1
Buku - Metode Penelitian Pendidikan (2020).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB) | Preview
Abstract
Masalah praktis dalam bidang pendidikan yang memerlukan solusi sangatlah bevariasi, yaitu terkait dengan proses belajar mengajar, prestasi belajar siswa , pendekatan, strategi, dan teknik dalam pengajaran yang masih perlu ditingkatkan. Penelitian adalah salah satu cara ilmiah untuk menemukan strategi baru, atau media pembelajaran seperti bahan ajar yang lebih sesuai kebutuhan anak didik. Masalah teoritis dalam bidang pendidikan terkait pengembangan teori, yaitu misalnya adanya teori hasil penelitian yang perlu diuji untuk menyesuaikan dengan karakteristik anak didik yang terus berkembang, atau untuk menyesuaikan kelompok anak didik yang berbeda, adanya teori temuan penelitian yang saling bertentangan sehingga perlu diverifikasi mana yang lebih benar, dsb. Hasil penelitian untuk pengembangan teori bisa memperkaya, merevisi, atau bahkan mengganti teori yang ada.Secara singkat bisa disimpulkan bahwa penelitian pendidikan bertujuan untuk menemukan ilmu pengetahuan (teori, metode, atau media) pembelajaran yang bisa dimanfaatkan untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kualitas pendidikan.
Item Type: | Book |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Penelitian Pendidikan, Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Gunawan Adnan |
Date Deposited: | 18 Sep 2020 08:02 |
Last Modified: | 18 Sep 2020 08:02 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14062 |