Pengelolaan, Kegiatan Ekstrakulikuler dalam Menumbuhkan Skill Siswa di SMA IT Al-Fityan School Aceh

Fachrah Duyana, 160206022 (2020) Pengelolaan, Kegiatan Ekstrakulikuler dalam Menumbuhkan Skill Siswa di SMA IT Al-Fityan School Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of tentang Kegiatan Ekstrakulikuler dalam Menumbuhkan Skill Siswa]
Preview
Text (tentang Kegiatan Ekstrakulikuler dalam Menumbuhkan Skill Siswa)
Fachrah Duyana, 16206022, FTK, MPI, 085270560614.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kegiatan ekstrakulikuler dilakukan untuk membantu menumbuhkan skill siswa dalam mengembangkan minat dan bakat serta pemantapan dalam bidang akademik maupun non akademik yang dapat diwadahi dan dikembangkan oleh sekolah melalui kegiatan ekstrakulikuler dan kegiatan ektrakulikuler dibagi dua yaitu wajib dan pilihan. SMA IT Al-Fityan School Aceh melaksanakan kegiatan ekstrakulikuler pada hari khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan kegiatan ekstrakulikuler, pelaksanaan kegiatan ekstrakulikuler, dan evaluasi kegiatan ekstrakulikuler di SMA IT Al-Fityan School Aceh. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dalan penelitian ini yang menjadi subjek penelitian yaitu Waka Kesiswaan, Pembina, dan Siswa. Hasil penelitian: (1) Perencanaan kegiatan eksrakulikuler dilaksanakan engan baik dari menyusun racangan kerja, membuka open recruitmen pembina ekstrakulikuler, menentukan waktu kegiatan ekstrakulikuler baik pembina maupun siswa. (2) Pelaksanaan kegiatan ekstrakulikuler dilaksanakan diluar jam pelajaran sekolah. Kegiatan ekstrakulikuler dibagi dua wajib dan pilihan, wajib pramuka dan lainnya sebagai kegiatan ekstrakulikuler pilihan. Untuk kegiatan ekstrakulikuler pilihan siswa dibolehkan memilih maksimal 2 kestrakulikuler pilihan. (3) Evaluasi guru mengevaluasi skill siswa dalam kegiatan ekstrakulikuler dilakukan dengan penilaian rapor akhir semester dan siswa dinilai dengan hasil rapor khusus kegiatan ekstrakulikuler.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Prof. Dr. Jamaluddin, M.Ed 2. Dr. Sri Rahmi, M.A
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Ekstrakulikuler, Menumbuhkan Skill
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Fachrah Duyana
Date Deposited: 16 Sep 2020 03:45
Last Modified: 16 Sep 2020 03:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14066

Actions (login required)

View Item
View Item