Filosofi Tradisi Manoe pucoek Perspektif Masyarakat Nagan Raya (Studi Kasus di Gampong Kuta Kumbang)

Nova Ratna Sari, 150301025 (2020) Filosofi Tradisi Manoe pucoek Perspektif Masyarakat Nagan Raya (Studi Kasus di Gampong Kuta Kumbang). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Tentang Tradisi Manoe pucoek]
Preview
Text (Tentang Tradisi Manoe pucoek)
Nova Ratna Sari, 150301025, FUF, AFI, 0822-4057-9153.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Menurut kepercayaan masyarakat Gampong Kuta Kumbang tradisi manoe pucoek telah menjadi rutinitas yang harus dilaksanakan sebelum menjadi pengantin baru (duek sandeng), selain itu terdapat pula beberapa hal yang harus dilakukan sebelum dilaksanakannya prosesi manoe pucoek diantaranya, memakai inai (boh gaca), khatam Al-Quran, dan peusijuk. Manoe pucoek sudah membudaya didalam kehidupan masyarakat yang dilakukan secara turun temurun dari nenek moyang sampai sekarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui filosofi tradisi manoe pucoek, prosesi pelaksanaan manoe pucoek, serta persepsi masyarakat terhadap pelaksanaan manoe pucoek.
Penelitian ini menggunakan metode deskripsi induktif dan analisis dengan pendekatan kualitatif, menggunakan data observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa manoe pucoek merupakan tradisi yang sudah ada sejak dahulu, yang pertama sekali dipraktikkan oleh bangsa kerajaan terdahulu. Adapun prosesi pelaksanaan pada kebiasaannya sehari sebelum resepsi berlangsung dengan menggunakan berbagai alat dan bahan pilihan yang sudah disediakan oleh keluarga maupun masyarakat. Masyarakat berpendapat bahwa manoe pucoek boleh dilakukan karena mendatangkan banyak manfaat, ulama setempat juga membolehkan tradisi manoe pucoek selagi masih berlandaskan dengan Syariat Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Juwaini, M. Ag 2. Drs. Miskahuddin, M.Si
Uncontrolled Keywords: Manoe Pucok, Perspektif Masyarakat, Tradisi
Subjects: 100 Philosophy and Psychology
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Aqidah
Depositing User: Nova Ratna Sari
Date Deposited: 17 Sep 2020 02:06
Last Modified: 17 Sep 2020 02:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14068

Actions (login required)

View Item
View Item