Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantu LKPD Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Struktur Atom Di SMA Negeri 2 Aceh Barat Daya

Musfirah, 150208080 (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantu LKPD Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Struktur Atom Di SMA Negeri 2 Aceh Barat Daya. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantu LKPD Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Struktur Atom Di SMA Negeri 2 Aceh Barat Daya]
Preview
Text (Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantu LKPD Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Struktur Atom Di SMA Negeri 2 Aceh Barat Daya)
Musfirah,150208080, FTK, PKM, 085297040436.pdf - Accepted Version

Download (29MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Aceh Barat Daya tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantu LKPD terhadap hasil belajar siswa pada materi struktur atom. Pembelajaran yang berlangsung di sekolah terkesan monoton dan guru masih mendominasi dalam proses pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah. Proses belajar mengajar belum menggunakan LKPD yang dapat dikerjakan oleh siswa sehingga siswa kurang aktif dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran NHT berbantu LKPD terhadap hasil belajar siswa, respon siswa dan aktivitas siswa pada materi struktur atom. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen menggunakan desain pretest-postetst control group design. Proses pengambilan sampel penelitian dilakukan secara purposive sampling yaitu kelas X MIA3 berjumlah 25 siswa dan X MIA4 berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar, angket respon siswa, dan lembar observasi aktivitas siswa. Teknik analisis data hasil belajar menggunakan uji paired sample t test, sedangkan angket respon dan aktivitas siswa menggunakan rumus persentase. Hasil analisis uji t diperoleh nilai signifikan 0.000<0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak, hasil angket respon siswa yaitu 95,2% dan aktivitas siswa pada setiap pertemuan yaitu 81,87%,87,5%, 90,13% dan 90,62%. Kesimpulannya bahwa terdapat pengaruh model NHT berbantu LKPD terhadap hasil belajar siswa pada materi struktur atom, sedangkan respon siswa saat pembelajaran sangat tertarik dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Musfirah Musfirah
Date Deposited: 21 Sep 2020 02:50
Last Modified: 21 Sep 2020 02:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14116

Actions (login required)

View Item
View Item