Pelaksanaan Layanan Informasi Terhadap Penyesuaian Diri Peserta Didik di SMA N 1 Ingin Jaya Aceh Besar

Murti, 150213048 (2020) Pelaksanaan Layanan Informasi Terhadap Penyesuaian Diri Peserta Didik di SMA N 1 Ingin Jaya Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Pelaksanaan Layanan Informasi Terhadap Penyesuaian Diri Peserta Didik di SMA N 1 Ingin Jaya Aceh Besar)
Murti, 150213048, FTK, BK,081362821770-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan layanan informasi di sekolah sangat menunjang keberhasilan peserta didik dalam mengatasi permasalahan terutama yang berkaitan dengan masalah Penyesuaian diri peserata didik. Pengentasan permasalahan tersebut dibutuhkan penanganan khusus dari guru BK dengan memberikan layanan informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penyesuaian diri peserta didik di SMA N 1 Ingin jaya Aceh Besar, apa saja kendala dalam pelaksanaan layanan informasi, bagaimanakah pelaksanaan layanan informasi terhadap penyesuaian diri peserta didiki di SMA N 1 Ingin Jaya Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dimana peneliti mengungkapkan serta memaparkan data sesuai apa yang terjadi di lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun subjek dalam penelitian ini berjumlah 1 orang guru BK dan 1 orang siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, yaitu pengambilan sampel secara sengaja sesuai dengan kriteria atau penilaian yang diperlukan. Berdasarkan hasil penelitian di SMA Negeri 1 Ingin Jaya Aceh Besar, penyesuaian diri peserta didik di SMA Negeri 1 Ingin Jaya Aceh Besar adalah kurang bisa untuk menyesuaikan diri, baik dilingkungan seolah maupun dilingkungan masyarakat. Kendala saat pelaksanaan layanan informasi adalah kurangnya jam BK dan kurangnya partisipasi dari peserta didik. Bagaimanakah pelaksanaan layanan informasi penyesuaian diri peserta didik, sebelum memberikan layanan informasi penyesuiaian diri guru Bimbingan dan Konseling meberikan Need Asessment terlebih dahulu agar mengetahui apa yang dibutuhkan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Drs. Munirwan Umar, M.Pd Pembimbing II : Nuzliah, M.Pd
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Murti Murti
Date Deposited: 21 Sep 2020 04:25
Last Modified: 21 Sep 2020 04:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14157

Actions (login required)

View Item View Item
TOP