Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP

Nurul Hikmah, 150205020 (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP]
Preview
Text (Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP)
Nurul Hikmah, 150205020, FTK, PMA, 082363388525.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (18MB) | Preview

Abstract

Kemampuan penalaran dalam pembelajaran matematika merupakan suatu hal yang sangat penting, karena penalaran merupakan pondasi dalam pembelajaran matematika. Pada kenyataannya siswa mengalami masalah dengan penalaran matematis, salah satu alternatif yang dapat digunakan adalah dengan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan menggunakan model pembelajaran langsung pada siswa SMP. Model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) ini mempunyai lima tahapan yaitu: review, pengembangan, latihan terkontrol, latihan mandiri (seatwok), dan tahap penugasan (PR). Hipotesis dalam penelitian ini adalah kemampuan penalaran matematis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) lebih baik daripada kemampuan penalaran matematis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Quasi eksperimen design (pre-test post-test control group design). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ingin Jaya, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas VIIIB sebagai kelas kontrol dan kelas VIIIC sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan tes tulis penalaran matematika. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan metode random sampling. Dari hasil penelitian menggunakan statistik uji-t diperoleh thitung = 6,81 dan ttabel = 1,675 maka thitung > ttabel sehingga terima H1 dan dapat disimpulkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) lebih baik dari pada kemampuan penalaran matematis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. H. Nuralam, M.Pd Pembimbing II : Cut Intan Salasiyah, S.Ag.,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Missouri Mathematics Project (MMP), Penalaran matematis
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.7 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Hikmah
Date Deposited: 24 Sep 2020 04:18
Last Modified: 24 Sep 2020 04:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14244

Actions (login required)

View Item
View Item