Penggunaan Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic (VAK) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Kelas V MIN 25 Aceh Besar

Rosy Apriza Handayani, 160209095 (2020) Penggunaan Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic (VAK) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Kelas V MIN 25 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penggunaan Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic (VAK) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa  pada Pembelajaran Tematik di Kelas V MIN 25 Aceh Besar]
Preview
Text (Penggunaan Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic (VAK) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Kelas V MIN 25 Aceh Besar)
Rosy Apriza Handayani, 160209095, FTK, PGMI, 085210935075.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran struktur yang dapat menggunakan beberapa metode, teknik dan strategi pembelajaran sekaligus, model pembelajaran harus berpusat paa siswa agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Akan tetapi, kenyataannya pembelajaran di kelas cenderung berpusat pada guru (teacher centered learning) sehingga lebih dominan siswa pasif daripada aktif, hal tersebut berdampak terhadap hasil belajar siswa menjadi rendah. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini bagaimanakah aktivitas guru, aktivitas siswa, serta bagaimana peningkatan hasil belajar siswa di kelas V MIN 25 Aceh Besar. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes, kemudian data tersebut dianalisis menggunakan rumus persentase.Hasil penelitian ditemukan bahwa aktivitas guru siklus I mencapai 75%, pada siklus II mencapai 84,37%, dan siklus III mencapai 96,87%. Aktivitas siswa siklus I mencapai 73,4%, siklus II mencapai 85,29%, dan pada siklus III 89,70%. Hasil belajar siswa yang tuntas siklus I mencapai 28%, siklus II mencapai 64%, dan siklus III mencapai 84%. Pembelajaran tematik semakin baik dengan adanya model visualization auditory kinestetic untuk meningkatkan hasil belajar siswa karena model pembelajaran ini mengombinasikan ketiga modalitas belajar untuk menjadikan peserta didik merasa nyaman dan pembelajaran yang dirasakan siswa terasa lebih bermakna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Irwandi, S.Pd.I, MA Pembimbing II : Emalfida, S.Pd.I., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Visualization Auditory Kinestetic (VAK) dan hasil belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rosy Apriza Handayani
Date Deposited: 01 Oct 2020 03:32
Last Modified: 01 Oct 2020 03:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14255

Actions (login required)

View Item
View Item