Efektivitas Penggunaan Poster Polisi Ditinjau dari Perspektif Al-Siyāsah Al-Syar ̒iyyah (Studi Kasus di Jalan Raya Desa Cot Tunong, Kecamatan Gandapura, Kabupaten Bireuen).

Rizka Rahmasari, 160105028 (2020) Efektivitas Penggunaan Poster Polisi Ditinjau dari Perspektif Al-Siyāsah Al-Syar ̒iyyah (Studi Kasus di Jalan Raya Desa Cot Tunong, Kecamatan Gandapura, Kabupaten Bireuen). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Efektivitas Penggunaan Poster Polisi Ditinjau dari Perspektif Al-Siyāsah Al-Syar ̒iyyah (Studi Kasus di Jalan Raya Desa Cot Tunong, Kecamatan Gandapura, Kabupaten Bireuen).)
Rizka Rahmasari, 160105028, FSH, HTN, 082320003723.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauhmana efektivitas penggunaan poster polisi sebagai teknik Polantas dalam upaya mengurangi pelanggaran lalu lintas di jalan raya desa Cot Tunong, Kecamatan Gandapura, Kabupaten Bireuen ditinjau dari sudut pandang al-Siyāsah al-Syar ̒iyyah. Dewasa ini, Pengguna jalan kerap melakukan pelanggaran yang menyebabkan kemudaratan bagi diri sendiri dan orang lain, disebabkan ketidaktaatan tehadap aturan dan hanya takut ketika ada polisi yang mengawasi. Jadi, jika tidak ada polisi yang mengawasi, mereka dengan mudahnya melakukan pelanggaran. Sehingga, Polantas menciptakan kebijakan hasil dari kreativitas yaitu poster polisi. Meskipun tidak ada aturan khusus tentang poster polisi, namun poster polisi dijamin dalam Pasal 14 ayat (1) huruf b UU No 2 Tahun 2002 tentang Tugas dan Wewenang Polri. Sebagai pihak pembuat kebijakan (Polantas). Dengan adanya poster tersebut, diharapkan mampu mengurangi pelanggaran lalu lintas. Rumusan masalah penelitian skripsi ini adalah bagaimana efektivitas penggunaan poster polisi di jalan raya dan bagaimana penggunaan poster polisi ditinjau dari perspektif al-Siyāsah al-Syar ̒iyyah. Teknik pengumpulan data di penelitian ini adalah wawancara untuk melihat keefektifan penggunaan poster polisi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan melalui studi kasus dan penelitian kepustakaan dengan menerapkan metode tarjih maslahat. Berdasarkan hasil penelitian dari pengguna jalan raya, bahwa rata-rata responden menyatakan keberadaan poster polisi tersebut sangat efektif dalam mengurangi pelanggaran lalu lintas dan membuat para pengguna jalan yang mengebut kembali mengendarai dengan kecepatan yang normal saat mendekati poster polisi tersebut sebagaimana ditinjau dari perspektif al-Siyāsah al-Syar ̒iyyah yang bertujuan untuk menciptakan kemaslahatan dan menghilangkan kemudaratan khususnya bagi pengguna jalan agar terhindar dari hal-hal yang membahayakan jiwa. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan poster polisi tersebut sangat efektif dalam upaya menurunkan angka pelanggaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Jabbar Sabil, MA Pembimbing II : Bustamam Usman, SHI., MA
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Poster Polisi
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.2 Politik > 2X6.22 Sistem Pemerintahan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Tata Negara
Depositing User: Rizka Rahmasari
Date Deposited: 28 Sep 2020 04:17
Last Modified: 28 Sep 2020 04:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14290

Actions (login required)

View Item View Item
TOP