Pengaruh Metode Buzz Group Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI MIS Al-Istiqamah Lhoknga Aceh Besar

Uji Hawalia, 201325058 (2019) Pengaruh Metode Buzz Group Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI MIS Al-Istiqamah Lhoknga Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Metode Buzz Group Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI MIS Al-Istiqamah Lhoknga Aceh Besar]
Preview
Text (Pengaruh Metode Buzz Group Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI MIS Al-Istiqamah Lhoknga Aceh Besar)
UJI HAWALIA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa terkadang dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya adalah penerapan metode yang kurang bervariasi dalam proses pembelajaran.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan penerapan metode buzz group dan bagaimana respon belajar siswa kelas VI MIS Al-Istiqamah Lhoknga Aceh Besar melalui penerapan metode buzz group. Rancangan pada penelitian inimenggunakan Pre Exsperimental Desing dandesain penelitian yang digunakan adalah One Shot Case Study dan One Group Post-Test Design. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI MIS Al- Istiqamah Lhoknga Aceh Besar. Data hasil belajar siswa dianalisis menggunakan rumus uji statistik t-tes pada taraf signifikan 0,05 sedangkan data respon angket siswa dianalisis menggunakan presentase. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan penerapan metode buzz group pada tema Selamatkan Makhluk Hidup kelas VI MIS Al-Istiqamah Lhoknga Aceh Besar menunjukkan hasil yang sangat baik dari sebelumnya dengan nilai post-tes 77,40. Hasil uji-t menunjukkan thitung=0,022, ttabel=1,746.Hasil ini menunujukka nthitung>ttabel, sehingga Ho ditolak dan dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada pembelajaran tema Selamatkan Makhluk Hidup kelas VI dengan penerapan metode buzz group (Ha diterima) dan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 77,40 termasuk dalam kategori sangat baik, sehingga penerapan metode buzz group berpengaruh terhadap hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Buzz Group Terhadap Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.2 Pendidikan Dasar tingkat Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Uji Hawalia
Date Deposited: 29 Sep 2020 04:25
Last Modified: 29 Sep 2020 04:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14298

Actions (login required)

View Item
View Item