Mirza Aulia, 150205034 (2020) Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Menggunakan Tugas Terstruktur Melalui Blog. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.
Mirza Aulia, 150205034, FTK, PMA, 085373032641.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB) | Preview
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki oleh siswa untuk dapat menyelesaikan berbagai permasalahan, baik permasalahan matematika maupun permasalahan yang terkait dalam kehidupan. Namun pada kenyataannya, kemampuan pemecahan masalah matematika masih tergolong rendah. Banyak faktor yang menyebabkan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika, diantaranya kurangnya partisipasi siswa dalam pembelajaran dan model pembelajaran yang kurang tepat untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah. Untuk mengatasi masalah tersebut, diterapkan pembelajaran dengan tugas terstruktur yang dikemas didalam blog. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui tugas terstruktur dengan berbantuan blog. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 1 Aceh Barat dan sampelnya kelas X MIA-5 yang diambil dengan teknik Random Sampling, yaitu teknik pengambilan sampel secara acak. Pengumpulan data menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan uji-t hipotesis, maka diperoleh thitung = 5,0227 dan ttabel = 1,69 atau thitung > ttabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan tugas terstruktur dengan berbantuan blog dapat mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas X-MIA 5 MAN 1 Aceh Barat pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dra. Hafriani, M.Pd. Pembimbing II : Lasmi, S.Si., M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Pemecahan Masalah, Tugas Terstruktur, Blog |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.7 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mirza Aulia |
Date Deposited: | 29 Sep 2020 03:06 |
Last Modified: | 29 Sep 2020 03:06 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14315 |