Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP/MTs

Rizki Z, 150205016 (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP/MTs. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP/MTs)
Rizki Z, 150205016, FTK, PMA, 082210472722.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (19MB) | Preview

Abstract

Kemampuan koneksi matematis merupakan salah satu kemampuan matematis yang perlu dimiliki siswa. Namun, berdasarkan hasil tes kemampuan koneksi matematis menyatakan bahwa kemampuan koneksi matematis siswa masih kurang. Salah satu upaya guru untuk menciptakan pembelajaran yang mengarahkan siswa untuk dapat mengoneksikan suatu konsep adalah dengan menggunakan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures. Tujuan penelitian ini untuk menjawab rumusan masalah berikut (1) bagaimanakah pengaruh model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures terhadap kemampuan koneksi matematis siswa?, (2) apakah kemampuan koneksi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures lebih baik daripada kemampuan koneksi matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional?. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Banda Aceh yang terdiri dari 8 kelas dan sampelnya diambil 2 dari 8 kelas secara acak sehingga terpilih kelas VIII-5 dan VIII-6. Data penelitian ini diperoleh dari hasil tes kemampuan koneksi matematis. Kemudian diolah dengan menggunakan Paired t –Test untuk hipotesis I dan Independent Sample t-Test untuk hipotesis II. Hasil pengujian hipotesis diperoleh (1) terdapat pengaruh model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures terhadap kemampuan koneksi matematis siswa, (2) kemampuan koneksi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures lebih baik daripada kemampuan koneksi matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Drs. Lukman Ibrahim, M.Pd Pembimbing II : Vina Apriliani, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Koneksi Matematis, Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.4 Membaca
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Rizki Z Rizki
Date Deposited: 29 Sep 2020 03:08
Last Modified: 29 Sep 2020 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14316

Actions (login required)

View Item View Item
TOP