Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Sub Materi Sistem Eksresi Manusia Dengan Penerapan Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) Di Man 5 Aceh Besar

Sri Eka Fitri, 140207150 (2020) Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Sub Materi Sistem Eksresi Manusia Dengan Penerapan Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) Di Man 5 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Slideshow (Minat Dan Hasil Belajar Siswa pada Sub Materi Sistem Ekskresi Manusia Dengan Penerapan Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) Di Man 5 Aceh Besar)
Sri Eka Fitri, 140207150, FTK, PBL, 0822-9895-2667.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Minat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi di MAN 5 Aceh Besar masih tergolong rendah dan kurang variasi dalam penggunaan model pembelajaran. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran yaitu dengan menggunaan model pembelajaran Predict-Observer-Explain (POE). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan minat dan hasil belajar siswa pada sub materi sistem ekskresi manusia yang diterapkan dengan model Predict-Observe-Explain (POE) dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment dengan rancangan pre-test post-test control grup design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPA. sampel yaitu dari kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol secara purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan lembar angket, lembar observasi dan soal tes. Analisis minat belajar siswa menggunakan rumus persentase, dan hasil belajar siswa menggunakan statistik uji-t. Hasil analisis data menunjukan minat belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran POE tergolong ketegori baik sekali dengan nilai persentase 88,04 dan kelas yang dibelajarkan secara konvensional tergolong ketegori baik dengan nilai persentase 71,33. Hasil belajar siswa menunjukan thitung 4,44> ttabel 1,70, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan minat dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran POE dengan kelas yang dibelajarkan secara konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Eriawati, M.Pd 2. Zuraidah, M.Si
Uncontrolled Keywords: Model Predict-Observe-Explain (POE), Minat Belajar, Hasil Belajar, Sistem Ekskresi pada Manusia.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 560 Paleontology, Fossils & Prehistoric life (Paleontologi, Prasejarah & fosil hidup)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 572 Biokimia
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 573 Sistem Fisiologi Spesifik pada Hewan, Histologi dan Fisiologi Regional pada Hewan
Depositing User: Sri Eka Fitri Eka
Date Deposited: 02 Oct 2020 04:06
Last Modified: 02 Oct 2020 04:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14401

Actions (login required)

View Item View Item
TOP