Proses Komunikasi Persuasif Dinas Syariat Islam Dalam Membina Muallaf (Studi Pada Gampong Penanggalan, Kecamatan Penanggalan Kota Subulussalam)

Masran, 411206643 (2019) Proses Komunikasi Persuasif Dinas Syariat Islam Dalam Membina Muallaf (Studi Pada Gampong Penanggalan, Kecamatan Penanggalan Kota Subulussalam). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Proses Komunikasi Persuasif  Dinas Syariat Islam Dalam Membina Muallaf  (Studi Pada Gampong Penanggalan, Kecamatan Penanggalan Kota Subulussalam)]
Preview
Text (Proses Komunikasi Persuasif Dinas Syariat Islam Dalam Membina Muallaf (Studi Pada Gampong Penanggalan, Kecamatan Penanggalan Kota Subulussalam))
Masran, 411206643, FDK, KPI, 082362252793.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian yang berjudul “Proses Komunikasi Persuasif Dinas Syariat Islam dalam membina muallaf studi pada Gampong Penanggalan, kecamatan penanggalan,Kota Subulussalam” ini bertujuan untuk mengetahui proses komunikasi persuasif dalam pembinaan muallaf oleh Dinas Syari’at Islam di Gampong Penanggalan, Kota Subulussalam dan kendala komunikasi persuasif dalam pembinaan muallaf oleh Dinas Syari’at Islam di Gampong Penanggalan, Kota Subulussalam. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya deskriptif. Subjek penelitian ini ialah kepala Dinas Syari’at Islam 1 orang pegawai Dinas Syariat Islam 5 orang dan muallaf 4 orang. Objek kajiannya proses komunikasi persuasif yang dilakukan oleh Dinas Syari’at Islam Kota Subulussalam terhadap pembinaan muallaf. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa proses komunikasi persuasif yang dilakukan oleh Dinas Syari’at Islam Kota Subulussalam dalam memberikan pembinaan bagi muallaf dengan cara memberikan ceramah dan konsultasi oleh da’i dan pemateri Pesan yang disampaikan berisikan ajaran agama seperti cara membaca Al-Qur’an, ilmu tauhid, fiqh dan ahklak yang baik. Penyampaian pesan dibantu dengan media sarana prasarana seperti infokus serta melalui media sosial. Dengan adanya pembinaan ini telah membuat para muallaf mengetahui berbagai pengetahuan Islam sehingga muallaf bisa melakukan ibadah sesuai anjuran agama Islam. Dalam memberikan pembinaan kepada muallaf melalui komunikasi persuasif terdapat beberapa kendala Dinas Syari’at Islam Kota Subulussalam seperti masih minimnya minat muallaf untuk mengikuti pembinaan, kesibukan muallaf dengan pekerjaannya, perbedaan etnis dikalangan muallaf serta belum adanya sarana pendukung seperti transportasi dan buku panduan yang standar bagi muallaf yang diterbitkan oleh Dinas Syari’at Islam Kota Subulussalam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Proses, Komunikasi Persuasif, Pembinaan, Muallaf, Dinas Syari’at Islam.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.21 Fungsionaris Dakwah: Wali, Ulama, Mubaligh, Da'i
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.26 Komunikasi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Masran Masran
Date Deposited: 05 Oct 2020 04:26
Last Modified: 05 Oct 2020 04:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14423

Actions (login required)

View Item
View Item