Mengembangkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa melalui Model Problem Based Learning pada Siswa Man 1 Aceh Barat

Ulya Fauziah, 150205085 (2020) Mengembangkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa melalui Model Problem Based Learning pada Siswa Man 1 Aceh Barat. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Mengembangkan Kemampuan Koneksi Matematis  Siswa  melalui Model Problem Based Learning pada Siswa Man 1 Aceh Barat]
Preview
Text (Mengembangkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa melalui Model Problem Based Learning pada Siswa Man 1 Aceh Barat)
Ulya Fauziah, 150205085, FTK, PMA, 082217509995.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (16MB) | Preview

Abstract

Menurut NCTM kemampuan koneksi matematis merupakan kemampuan yang tergolong penting dalam matematika. Kemampuan tersebut harus dimiliki oleh siswa untuk mempermudah siswa dalam menyelesaikan masalah. Pada kenyataannya kemampuan koneksi matematis siswa masih tergolong rendah, sehingga dibutuhkan suatu cara yang membuat siswa mampu meningkatkan kemampuan koneksi matematis tersebut. Salah satu caranya dengan menerapkan pembelajaran model problem based learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa melalui pembelajaran model problem based learning. Metode penelitian yang digunakan adalah mix methods. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 1 Aceh Barat dan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 MAN 1 Aceh Barat. Data bersumber dari hasil tes dan hasil wawancara yang telah diberikan kepada siswa. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan N-Gain. Berdasarkan hasil N-Gain, kemampuan koneksi matematis siswa berada pada kategori sedang dan rendah. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi juga menunjukkan bahwa sebenarnya siswa memiliki kemampuan koneksi matematis walaupun tidak memenuhi ketiga indikator kemampuan koneksi matematis tersebut. Dari hasil analisis jawaban pre test dan post test serta wawancara dan observasi, menunjukkan bahwa secara keseluruhan siswa sudah memiliki kemampuan koneksi matematis walaupun tidak memenuhi ketiga indikator kemampuan koneksi matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dra. Hafriani, M.Pd. Pembimbing II : Kamarullah, S.Ag.,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Koneksi Matematis, Problem Based Learning
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.7 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Ulya Fauziah
Date Deposited: 07 Oct 2020 03:30
Last Modified: 07 Oct 2020 03:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14450

Actions (login required)

View Item
View Item