Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Sub Materi Pencemaran Lingkungan di Kelas X SMAN 1 Darussalam Aceh Besar

Yulisalyati, 140207160 (2020) Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Sub Materi Pencemaran Lingkungan di Kelas X SMAN 1 Darussalam Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Sub Materi Pencemaran Lingkungan di Kelas X SMAN 1 Darussalam Aceh Besar)
Yulisalyati, 140207160, FTK, PBL, 081262076966.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran di SMAN 1 Darussalam Aceh Besar masih menghadapi banyak kendala diantaranya, siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi yang dibelajarkan oleh guru. Hal tersebut memberi dampak terhadap kemampuan siswa yang tidak mencukupi KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan dan peningkatan berpikir kritis siswa dalam penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada sub materi pencemaran lingkungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pre-eksperiment. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X dan sampel yang digunakan kelas X dengan jumlah 20 siswa, pengambilan sampel dengan cara purposive sampling. Pengumpulan data kemampuan berpikir kritis menggunakan lembar observasi dan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan soal tes. Analisis data kemampuan berpikir kritis menggunakan rumus persentase aktivitas belajar dan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis untuk pertemuan 1 yaitu 58,81 (Cukup kritis) dan pertemuan ke-2 yaitu 77,81 (kritis). Data kemampuan berpikir kritis pre-test yaitu 44,5 sedangkan data kemampuan post-test yaitu 81,5 terlihat dimanat hitung > ttabel yaitu 3,65 >1,72. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa tergolong kedalam kategori sangat kritis dan penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada materi pencemaran lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Eva Nauli Taib, M.Pd 2. Khairun Nisa, S.Si
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbasis Masalah, Peningkatan Berpikir kritis, Kemampuan Berpikir Kritis, Pencemaran Lingkungan.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 577 Ekologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Yulisalyati Yulisalyati
Date Deposited: 08 Oct 2020 03:44
Last Modified: 08 Oct 2020 03:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14454

Actions (login required)

View Item View Item
TOP