Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achivemen Devision) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Usaha Dan Energi Di SMAN 9 Aceh Barat Daya

Nurdiati, 140204050 (2019) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achivemen Devision) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Usaha Dan Energi Di SMAN 9 Aceh Barat Daya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achivemen Devision)]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achivemen Devision))
Nurdiati, 140204050, FTK, PFS, 085359880777.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal di SMAN 9 Aceh Barat Daya pendidik sudah menerapkan sistem kerja kelompok, akan tetapi masih ada sebagian dari peserta didik kurang aktif dalam kegiatan kelompok. dan masih banyak peserta didik yang mendapatkan nilai dibawah KKM. Nilai KKM yang telah ditentukan disekolah yaitu 65. STAD (Student Team Achivemen Devision) adalah suatu model pembelajaran sebagai solusi pada permasalahan tersebut, karna perserta didik akan saling membantu dan bekerja sama untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Meningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran fisika pada materi usaha dan energi dengan model pembelajaran STAD. 2.Untuk mengetahui aktivitas belajar peserta didik pada materi usaha dan energi dalam penerapan model STAD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimen design. Adapun jenis rancangan penelitian one-group pre-tes-pos-test designs yang dilaksanakan di SMAN 9 Aceh Barat Daya, dengan populasi seluruh peserta didik kelas X dan sampel 23 orang peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Analisis data menggunakan Uji-t dan perolehan hasil perhitungan thitung = 25,16 > ttabel 1,71 untuk signifikan 5 %, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa adanya perbandingan hasil belajar peserta didik sebelum dengan sesudah diberikan perlakuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Yusran, M.Pd 2. Yeggi Darnas, S.T, M.T
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievemen Devision), Hasil Belajar, Usaha Dan Energi
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Nurdiati
Date Deposited: 07 Oct 2020 02:02
Last Modified: 07 Oct 2020 02:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14455

Actions (login required)

View Item
View Item