Penerapan Pendekatan Problem Solving pada untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perkalian dan Pembagian di Kelas III MIN Mesjid Raya Banda Aceh

Reni Maya Kasmita, 201223393 (2017) Penerapan Pendekatan Problem Solving pada untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perkalian dan Pembagian di Kelas III MIN Mesjid Raya Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Perkalian dan Pembagian)
Reni Maya Kasmita.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Materi perkalian dan pembagian merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa, karena secara umum anak-anak masih banyak yang bingung dalam cara mengalikan dan membagi suatu bilangan. Fakta yang terjadi di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam materi perkalian dan pembagian masih sangat kurang. Dengan demikian diperlukan pendekatan pembelajaran yang sinergis dengan materi pambelajaran yang akan diajarkan. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat diterapkan adalah Problem Solving. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan data pengamatan langsung terhadap jalan proses pembelajaran di kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IIId MIN Mesjid Raya Banda Aceh sebanyak 42 siswa. Data hasil penelitian ini diperoleh melalui instrumen penelitian yang berupa: (1) lembar observasi aktivitas guru (2) lembar observasi aktivitas siswa dan (3) soal tes. Penelitian ini dilakukan dengan 3 siklus. Ketuntasan belajar siswa ditentukan berdasarkan KKM pelajaran matematika di MIN Mesjid Raya Banda Aceh yaitu 78 ketuntasan individu dan ketuntasan klasikal 85%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Aktivitas guru pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 3,46 dengan kategori cukup baik, Siklus II memperoleh nilai rata-rata 4,14 dengan kategori baik dan siklus III meningkat dengan nilai rata-rata 4,53 dengan kategori sangat baik, (2) Aktivitas siswa meningkat dari belum aktif pada siklus I menjadi aktif pada siklus II dan III yang dapat dilihat aktivitas-aktivitas siswa dalam proses pembelajaran semakin baik dan sesuai dengan waktu toleransi yang telah ditetapkan dalam RPP, (3) Hasil tes belajar siswa, pada siklus I sebanyak 19 siswa (45,23%) tuntas belajarnya sedangkan 23 siswa (54,76%) belum mencapai ketuntasan. Pada siklus II meningkat sebanyak 30 siswa (71,42%) tuntas belajarnya sedangkan 12 siswa (28,57%) belum mencapai ketuntasan. Selanjutnya, pada siklus III hasil belajar siswa semakin meningkat sebanyak 37 siswa (88,10%) tuntas belajarnya sedangkan 5 siswa (11,90%) belum tuntas belajarnya. Dengan demikian penerapan Problem Solving pada materi perkalian dan pembagian sudah meningkatkan hasil belajar siswa di kelas III MIN Mesjid Raya Banda Aceh dan dapat membuat siswa lebih aktif, sistematis, kritis, logis, dan analitis dalam memahami konsep belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr.Jailani, M.Ag 2.Nida Jarmita, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Perkalian,Pembagian, Matematika,Solving,
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: renimaya kasmita
Date Deposited: 31 Oct 2017 01:50
Last Modified: 31 Oct 2017 02:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1459

Actions (login required)

View Item View Item
TOP