Penerapan Model Two Stay Two Stray dalam Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Siswa Kelas VIII-1 Pada Materi Adab terhadap Orang Tua dan Guru MTsN 7 Aceh Besar

Yulia Ismi Aziz, 150201078 (2020) Penerapan Model Two Stay Two Stray dalam Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Siswa Kelas VIII-1 Pada Materi Adab terhadap Orang Tua dan Guru MTsN 7 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Membahas Tentang Penerapan Model Two Stay Two Stray d alam Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak]
Preview
Text (Membahas Tentang Penerapan Model Two Stay Two Stray d alam Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak)
Yulia Ismi Aziz, 150201078, FTK, PAI, 082299575493.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan Hasil observasi awal di MTsN 7 Aceh Besar VIII-1 menunjukkan bahwa proses pembelajaran masih kurang efektif. Tidak ada interaksi dua arah yang dilakukan oleh guru dan siswa. Begitupun media yang digunakan dalam pembelajaran hanya papan tulis dan buku. Salah satu upaya yang dapat digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa adalah melalui penggunaan model pembelajaran menarik salah satunya model two stay two stray. Adapun tujuan dari penelitian ini: (1) Untuk mengetahui aktivitas guru dalam menggunakan model two stay two stray dalam proses pembelajaran aqidah akhlak siswa kelas VIII-1 pada materi adab terhadap orang tua dan guru MTsN 7 Aceh Besar. (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas VIII-1 pada materi adab terhadap orang tua dan guru MTsN 7 Aceh Besar setelah proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 MTsN 7 Aceh Besar. Prosedur pengumpulan data adalah melalui observasi aktivitas guru, siswa dan tes. Tekhnik analisis data, menggunakan persentase kriteria keberhasilan yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Pada siklus I nilai persentase aktivitas guru yaitu 80,35 % pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 89,28 % (2). Hasil belajar siswa pada siklus I nilai persentase diperoleh sebanyak 60% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 80 siswa telah tuntas secara individual maupun klasikal. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Penerapan model pembelajaran two stay two stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi adab terhadap orang tua dan guru di kelas VIII-1 MTsN 7 Aceh Besar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Hasan Basri, MA 2. Teuku Zulkhairi, S.Pd.I, MA
Uncontrolled Keywords: Two stay two stray, Hasil Belajar
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yulia Ismi Aziz Yulia
Date Deposited: 09 Nov 2020 04:17
Last Modified: 09 Nov 2020 04:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14597

Actions (login required)

View Item
View Item