Efektivitas Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Siswa Membuat Jaringan Dasar LAN Pada Siswa Kelas X Di SMKN 1 Labuhanhaji

Ainal Fadhillah Bahruni, 140212024 (2020) Efektivitas Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Siswa Membuat Jaringan Dasar LAN Pada Siswa Kelas X Di SMKN 1 Labuhanhaji. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Efektivitas Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Siswa Membuat Jaringan Dasar LAN Pada Siswa Kelas X Di SMKN 1 Labuhanhaji]
Preview
Text (Efektivitas Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Siswa Membuat Jaringan Dasar LAN Pada Siswa Kelas X Di SMKN 1 Labuhanhaji)
Ainal Fadhillah Bahruni, 140212024, FTK, PTI, 082365237484.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor penyebab rendahnya hasil belajar jaringan komputer peserta didik, baik secara inter maupun ekstern. Dilihat dari faktor ekstern yaitu guru cenderung lebih aktif dari pada peserta didik. Peserta didik lebih banyak menerima dari pada menyelesaikan masalah. Salah satu yang dapat memungkinkan hasil belajar jaringan komputer peserta didik lebih optimal yaitu dengan menerapkan model Problem Based Learning. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model Problem Based Learning pada materi jaringan dasar LAN di kelas X SMKN 1
Labuhanhaji,dan mengetahui respon peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dengan model Problem Based Learning. Rancangan penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan desain pre test post test control group design. Sampel penelitian ini menggunakan purposive sampling yang terdiri kelas X TKJ-2 sebagai kelas eksperimen sebanyak 22 orang dan kelas X TKJ-1 sebagai kelas kontrol sebanyak 22 orang. Penggumpulan data dilakukan dengan soal tes diberikan dalam bentuk pilihan ganda. Dari hasil penelitian diperoleh berada pada katagori sangat positif. Kemudian data tes akhir dianalisis dengan menggunakan uji-t sehingga nilai = 0,05 dan derajat kebebasan df = 42, serta p-value (2- tailed) = 0,000 didapat p-value (2-tailed)= 0,000 lebih kecil dari = 0,05, sehingga H0 di tolak dan terima H1. Kesimpulan yang didapat bahwa hasil belajar peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan model Problem Based Learning lebih baik dari hasil belajar peserta didik dengan menggunakan pembelajaran langsung pada materi jaringan dasar LAN di kelas X SMKN 1Labuhanhaji.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Hendri Ahmadian, S.Si., M.I.M Pembimbing II : Khairan AR,M.Kom
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Local Area Network, Efektivitas
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Ainal Fadhillah Bahruni Ainal
Date Deposited: 26 Oct 2020 04:23
Last Modified: 26 Oct 2020 04:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14623

Actions (login required)

View Item
View Item