Identifikasi Miskonsepsi Siswa Dalam Materi Fluida Statis Di SMA Negeri 1 Arongan Lambalek

Syarifah Sulastry, 150204093 (2020) Identifikasi Miskonsepsi Siswa Dalam Materi Fluida Statis Di SMA Negeri 1 Arongan Lambalek. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Tentang Identifikasi Miskonsepsi Siswa]
Preview
Text (Tentang Identifikasi Miskonsepsi Siswa)
Syarifah Sulastry, 150204093, FTK, PFS, 082274214577.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa tentang materi fluida statis di SMA Negeri 1Arongan Lambalek kelas XI tahun 2019/2020 dan ditetapkan subjek sebanyak 21 siswa. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes diagnostik yang dilengkapi dengan CRI (Certainty Of Response Index). Pengolahan data menggunakan statistik sederhana dalam perhitungan persentase. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata tingkat Tidak Tahu Konsep (TTK) sebanyak 56,9%, Paham Kosenp Kurang Yakin (PKKY) sebanyak 12,14%, Paham Konsep (PK) sebanyak 8,14%, dan Miskonsepsi (M) sebanyak 22,85%. Berdasarkan hasil identifikasi miskonsepsi tertinggi yang dialami siswa terletak pada sub konsep tekanan utama hidrostatis sebanyak 47,61%. Siswa beranggapan bahwa tekanan terbesar terdapat pada titik P karena titik P terletak yang paling atas. Pada konsep yang sebenarnya tekanan hidrostatis terbesar terletak pada titik T, karena titik T memiliki kedalaman yang paling besar. Semakin dalam letak suatu benda dalam zat cair, maka semakin besar tekanan hidrostatisnya. Berdasarkan hasil wawancara secara bebas terpimpin pada siswa, miskonsepsi pada materi fuida statis disebabkan karena siswa tidak menguasai konsep dengan utuh dan ketika menghubungkan satu konsep dengan konsep lainnya dengan pemahaman siswa sendiri siswa membuat kesimpulan yang salah. Penyebab miskonsepsi yang di alami oleh siswa juga di sebabkan oleh bahasa yang digunakan dalam buku paket, sehingga membuat siswa keliru memahami suatu konsep dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Prof. Dr. Jamaluddin Idris, M.Ed 2. Muhammad Nasir M.Si
Uncontrolled Keywords: Identifikasi, Miskonsepsi, Certainty Of Response Index, Tes Diagnostik, Wawancara
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Syarifah Sulastry
Date Deposited: 22 Oct 2020 04:00
Last Modified: 22 Oct 2020 04:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14624

Actions (login required)

View Item
View Item