Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas III MIN 17 Aceh Timur

Lidya, 150209052 (2019) Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas III MIN 17 Aceh Timur. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas III MIN 17 Aceh Timur]
Preview
Text (Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas III MIN 17 Aceh Timur)
Lidya, 150209052, FTK, PGMI, 082277406015.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB) | Preview

Abstract

Dalam proses pembelajaran dikehendaki yang namanya keterampilan berbahasa, khususnya keterampilan berbicara. Dengan adanya keterampilan berbicara siswa dapat memaparkan gagasan yang ingin disampaikan. Salah satu upaya untuk meningkatkan prestasi keterampilan berbicara siswa adalah dengan memilih media pembelajaran. Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah media puzzle yang dapat memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan media Puzzle kelas III MIN 17 Aceh Timur seta mengetahui aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan media Puzzle kelas III MIN 17 Aceh Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III MIN 17 Aceh Timur yang berjumlah 38 Siswa. Adapun prosedur pengumpulan data adalah melalui observasi aktivitas guru, siswa dan tes. Sedangkan tekhnik analisis data, peneliti menggunakan persentase sesuai dengan kriteria keberhasilan yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) aktivitas guru pada siklus I memperoleh nilai 63,23% kategori cukup siklus II memproleh nilai 85% kategori baik sekali dan siklus III meningkat dengan nilai 93,75 % kategori baik sekali.(2) aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai 55,56% kategori kurang, siklus II memperoleh nilai 82,5 % kategori baik sekali dan pada siklus III mengalami peningkatan menjadi 96,05 % kategori baik sekali. (3) hasil tes kemampuan berbicara siswa pada siklus I sebesar 55, 26%, siklus II 68,42 % meningkat pada siklus III menjadi 84 % siswa telah tuntas secara klasikal. Hal ini sesuai dengan KKM Bahasa Indonesia di MIN 17 Aceh Timur yaitu 68 dan pencapaian nilai ketuntasan klasikal yaitu 80%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Penggunaan media Puzzle dapat meningkatkan Keterampilan berbicara siswa kelas III MIN 17 Aceh Timur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Silvia Sandi Wisuda Lubis, M.Pd Pembimbing II : Rafidhah Hanum, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media Puzzle, Keterampilan Berbicara
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Lidya Lidya
Date Deposited: 23 Oct 2020 04:03
Last Modified: 23 Oct 2020 04:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14637

Actions (login required)

View Item
View Item