Kompetensi Pedagogik Guru PPL Prodi Pendidikan Agama Islam Angkatan 2016

Amirul Haq RD, 160201054 (2020) Kompetensi Pedagogik Guru PPL Prodi Pendidikan Agama Islam Angkatan 2016. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang Kompetensi Pedagogik Guru PPL]
Preview
Text (Membahas Tentang Kompetensi Pedagogik Guru PPL)
Amirul Haq RD, 160201054, FTK, PAI, 082366271607.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Kompetensi pedagogik merupakan kemampuan dalam mengelola pembelajaran peserta didik yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik, rancangan pra pembelajaran, proses pengajaran serta pasca pembelajaran dan membantu peserta didik untuk mengaktualisasikan seluruh kemampuan yang dimiliknya. Mahasiswa PPL Prodi PAI belum sepenuhnya menguasai kompetensi pedagogik, ditambah lagi penempatan di sekolah-sekolah yang tidak memadai secara sarana dan prasana yang membuat proses pembelajaran tidak dapat dijalankan dengan baik serta berdampak pada hasil pembelajaran yang tidak efektif, sehingga perlu dikaji lebih lanjut bagaimana kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh guru PPL Prodi PAI dalam melaksanakan proses pembelajaran. Tujuan penelitian dalam skripsi ini ialah untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru PPL prodi PAI angkatan 2016. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian yang penulis dapatkan ialah: kompetensi pedagogik guru PPL Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran terhadap peserta didik secara keseluruhan sudah menerapkan kompetensi pedagogiknya dengan baik namun masih perlu peningkatan skill kompetensi dengan mengikuti pelatihan baik di internal maupun eksternal kampus. Kendala-kendala selama Pelaksanaan Program Pembelajaran (PPL) dapat dikatakan beragam, baik itu dari segi sarana dan prasarana. Sulit dalam mempraktekkan strategi dan metode secara sempurna dikarenakan kemampuan dalam memberikan intruksi masih perlu peningkatan. Ditambah lagi darurat Covid-19 yang mengharuskan pembelajaran secara daring sehingga menyebabkan pembelajaran tidak efektif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. M. Chalis, S. Ag, M. Ag 2. Syafruddin, S. Ag, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik, Guru PPL
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Amirul Haq RD
Date Deposited: 16 Nov 2020 03:02
Last Modified: 16 Nov 2020 03:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14692

Actions (login required)

View Item
View Item