Kepemimpinan Aminullah Usman Dalam Membangun Kota Banda Aceh

Dede Adistira, 160403014 (2020) Kepemimpinan Aminullah Usman Dalam Membangun Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang Kepemimpinan Aminullah Usman]
Preview
Text (Membahas Tentang Kepemimpinan Aminullah Usman)
Dede Adistira, 160403014, FDK, MD, 082390802268.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menarik untuk diteliti dikarenakan saat pengamatan awal menunjukkan bahwa. kepemimpinan Aminullah Usman dalam membangun Kota Banda Aceh belum sepenuhnya maksimal dikarenakan Visi Misi yang belum terealisasikan. Tujuan penelitian dilakukan adalah Untuk mengetahui konsep Aminullah Usman dalam membangun Kota Banda Aceh dibidang agama dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat kepemimpinan Aminullah Usman dalam membangun Kota Banda Aceh dibidang agama. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh melalui penelitian lapangan (field research). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep kepemimpinan Aminullah Usman dalam membangun Kota Banda Aceh dibidang Agama diawali dengan visi perwujudan Kota Banda Aceh yang gemilang dalam bingkai Syariat. Program yang dilakukan diantaranya peningkatan pelayanan Pemerintah daerah, pembinaan dan pengembangan Syariat Islam, penelitian dan pengembangan Syariat Islam, penyemarakan Syiar Islam, usaha dakwah generasi muda dan kader dakwah, pembinaan kader dakwah. pemberdayaan sarana ibadah, pembinaan Aqidah umat, penyuluhan Agama Islam dan sosialisasi Qanun, keserasian kebijakan pelaksanaan Syariat Islam, pembinaan Fardhu Kifayah. Diterbitkannya himbauan yang menunjang penegakan Syariat Islam, diantaranya larangan membuka warung makan saat bulan puasa, larangan merayakan tahun baru Masehi dan hari Valentine, kemudian Faktor pendukung dalam pelaksanaan Syariat Islam berupa Merangkul satuan kerja perangkat Kota (SKPK), OKP dan Ormas serta TNI/POLRI, Kontrol dari masyarakat dan Pemerintah Provinsi agar pelaksanaan Syariat Islam dapat berjalan secara kaffah, Penyuluhan kepada masyarakat melalui program dinas Syariat Islam Kota Banda Aceh dan faktor penghambat dalam pelaksanaan Syariat Islam berupa keterbatasan dari Pemerintah Kota Banda Aceh untuk mengawasi tindak pelanggaran Syariat Islam, Sebagian pihak belum bisa menerima penerapan syariat Islam, ditambah lagi pihak-pihak yang menyebutkan bahwa ada pelanggaran HAM dalam proses pelaksanaan Syariat Islam, Kesadaran masyarakat yang masih kurang terhadap penegakan Syariat Islam itu sendiri

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Jailani, M. Si 2. Muzakkir Zabir, S. Sos. I., MA
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Pembangunan
Subjects: 200 Religion (Agama) > 206 Tokoh dan Organisasi
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Dede Adistira Dede
Date Deposited: 10 Nov 2020 02:12
Last Modified: 10 Nov 2020 02:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14693

Actions (login required)

View Item
View Item