Pemanfaatan Air Laut sebagai Koagulan Alami dalam Menurunkan Parameter pH, Suhu, Total Suspended Solid (TSS) dan Turbiditas pada Limbah Cair Domestik

Aji Dermawan, 150702064 (2020) Pemanfaatan Air Laut sebagai Koagulan Alami dalam Menurunkan Parameter pH, Suhu, Total Suspended Solid (TSS) dan Turbiditas pada Limbah Cair Domestik. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pemanfaatan Air Laut sebagai Koagulan Alami dalam  Menurunkan Parameter pH, Suhu, Total Suspended Solid     (TSS) dan Turbiditas pada Limbah Cair Domestik]
Preview
Text (Pemanfaatan Air Laut sebagai Koagulan Alami dalam Menurunkan Parameter pH, Suhu, Total Suspended Solid (TSS) dan Turbiditas pada Limbah Cair Domestik)
Aji Dermawan, 150702064, FST, TL, 082165074551.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Seiring bertambahnya jumlah penduduk dan meningkatnya laju pembangunan infrastruktur akan berpotensi terjadinya penurunan kualitas air. Adanya penurunan kualitas air disebabkan oleh jumlah limbah cair yang diproduksi dari aktivitas pemukiman. Salah satu solusi untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan memanfaatkan air laut yang sangat berlimpah di Indonesia untuk dijadikan sebagai alternatif koagulan alami dalam proses koagulasi. Hal ini bertujuan untuk melihat efektivitas air laut sebagai koagulan dalam menurunkan parameter pH, Suhu, Total Suspended Solid (TSS) dan Turbiditas dalam limbah cair domestik. Penelitian ini dilakukan dengan memvariasikan volume air laut sebagai koagulan dan lamanya waktu pengadukan menggunakan metode Faktorial Design yang terdiri dari 5 perlakuan dengan dua kali pengulangan (duplo). Hasil penelitian diketahui bahwa air laut sebagai koagulan mampu menurunkan parameter pH dari 8,2 menjadi 7,5, parameter suhu dari 30 °C menjadi 24,15 °C, parameter Total Suspended Solid (TSS) dari 300 mg/L menjadi 100 mg/L dan parameter Turbiditas dari 47,98 NTU menjadi 20,49 NTU. Semakin banyak air laut yang ditambahkan ke dalam limbah cair domestik akan menghasilkan penurunan yang semakin besar dengan persentase penurunan secara berturut-turut 8,54%, 19,50%, 66,67%, dan 57,36 %. Akan tetapi air hasil olahan akan menjadi lebih asin karena salinitasnya semakin meningkat yang awalnya 1 PSU menjadi 10,5-17,5 PSU.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Yeggi Darnas, M.T, Pembimbing II : Rizna Rahmi, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Air Laut, Efektivitas, Koagulan, Limbah Cair Domestik, pH, Salinitas, TSS
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 620 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Tehnik Lingkungan
Depositing User: Aji Dermawan
Date Deposited: 02 Nov 2020 04:20
Last Modified: 02 Nov 2020 04:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14696

Actions (login required)

View Item
View Item