Implementasi Nilai-Nilai Ekonomi Islam Dalam Aktivitas Mawah Di Gampong Krueng Batu Kecamatan Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan

Maulizar, 140602174 (2020) Implementasi Nilai-Nilai Ekonomi Islam Dalam Aktivitas Mawah Di Gampong Krueng Batu Kecamatan Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Implementasi Nilai-Nilai Ekonomi Islam Dalam Aktivitas Mawah Di Gampong Krueng Batu Kecamatan Kluet Utara  Kabupaten Aceh Selatan]
Preview
Text (Implementasi Nilai-Nilai Ekonomi Islam Dalam Aktivitas Mawah Di Gampong Krueng Batu Kecamatan Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan)
Maulizar, 140602174, ES, FE, 085360541162.docx.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Mawah merupakan kesepakatan antara dua pihak, di mana pihak pertama memberikan lahan pertanian/modalnya kepada pihak kedua untuk digarap maupun dikelola, dan setelah panen hasilnya dibagi menurut kesepakatan diawal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui praktik mawah di Gampong Krueng Batu dan implementasi nilai-nilai ekonomi Islam dalam aktivitas mawah nya. Adapun metode yang digunakan adalah deskriptif analisis berdasarkan wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa praktik mawah di Gampong Krueng Batu Kecamatan Kluet Utara menggunakan tiga metode, perjanjian bagi hasil praktik mawah di desa Krueng Batu yaitu dilakukan secara lisan dan menurut kesepakatan di awal antar kedua belah pihak. Adapun praktik mawah di Gampong Krueng Batu sudah sesuai dengan konsep syariah walaupun masyarakat di sana tidak mengetahui konsep apa yang mereka terapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Muhammad Arifin, Ph.D 2. Jalilah, S.HI., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Perjanjian Bagi Hasil, Implementasi Mawah, Muzara’ah, Mukhabarah
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Maulizar Maulizar
Date Deposited: 11 Nov 2020 04:02
Last Modified: 11 Nov 2020 04:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14757

Actions (login required)

View Item
View Item