Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Belajar

Rio Wagian Putra BM, 140205062 (2020) Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Belajar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan  Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Belajar]
Preview
Text (Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Belajar)
Rio Wagian Putra BM, 140205062, FTK, PMA, 082367764495.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Belajar matematika berkaitan erat dengan aktivitas belajar dan proses berpikir. Proses berpikir merupakan aktivitas seseorang dalam memahami sesuatu masalah melalui proses pemahaman terhadap masalah yang sedang dihadapi. Dalam proses berpikir terdapat pula berbagai kemampuan berpikir di antaranya kemampuan berpikir kreatif. Tingkat kemampuan yang dimiliki siswa berbeda-beda, sehingga proses berpikir kreatif tersebut berbeda dan sangat berpengaruh terhadap hasil belajar mereka. Hasil belajar tersebut juga dipengaruhi dari berbagai macam gaya belajar siswa. Berdasarkan fakta TIMMS bahwasanya berpikir kreatif siswa di indonesia masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan gaya belajar auditory. Rancangan penelitian ini jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian deskriptif. Berdasarkan hasil angket gaya belajar dalam penelitian ini dipilih minimal 1 orang siswa, yaitu siswa gaya belajar auditory untuk diteliti dalam menyelesaikan soal SPLDV serta diwawancara. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa membaca dan memahami soal dengan menggunakan konsep yang telah dimiliki dari hasil pembelajaran sebelumnya. Kemudian menyatakan apa yang diketahui dan ditanya dalam soal. Siswa membuat dan melaksanakan rencana menggunakan metode eliminasi-substitusi dalam menyelesaikan SPLDV 1 dan SPLDV 2 dengan lancar. Siswa juga memunculkan metode baru yang berbeda dengan metode yang umumnya digunakan serta menjelaskan kembali jawabannya dengan lancar. Tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa dengan gaya belajar auditory mencapai Tingkat Kemampuan Berfikir Kreatif 3 (TKBK 3) dengan memenuhi indikator kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility), dan keaslian (originality) pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. H. Nuralam, M.Pd Pembimbing II : Vina Apriliani, M.Si
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.7 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Rio Wagian Putra BM
Date Deposited: 11 Nov 2020 03:08
Last Modified: 11 Nov 2020 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14773

Actions (login required)

View Item
View Item