Efektifitas Pelaksanaan Program Halaqah dalam Peningkatan Kemampuan Siswa Membaca Al-Qur'an di SMAS Fajar Hidayah Aceh

Zainuddin, 211323710 (2020) Efektifitas Pelaksanaan Program Halaqah dalam Peningkatan Kemampuan Siswa Membaca Al-Qur'an di SMAS Fajar Hidayah Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Efektifitas Pelaksanaan Program Halaqah dalam Peningkatan Kemampuan Siswa Membaca Al-Qur'an di SMAS Fajar Hidayah Aceh]
Preview
Text (Efektifitas Pelaksanaan Program Halaqah dalam Peningkatan Kemampuan Siswa Membaca Al-Qur'an di SMAS Fajar Hidayah Aceh)
Zainuddin, 211323710, FTK, PAI, 085372835070.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Model pendidikan berupa pengajian yang disebut dengan pengajian halaqah atau pengajian kelompok telah berjalan sejak lama di SMAS Fajar Hidayah. Pendidikan model halaqah berjalan dari tahap yang paling awal hingga mengalami perkembangan yang signifikan dan efektif dalam meningkatkan kemampuan sebagian siswa SMAS Fajar Hidayah dalam membaca Al-Qur'an. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pelaksanaan program metode Halaqah dan hasil kemampuan membaca Al-Qur'an siswa SMAS Fajar Hidayah Aceh, serta hambatan dalam pelaksanaan Halaqah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa SMAS Fajar Hidayah Aceh. Subjek penelitian ini adalah beberapa orang guru dan pelaksana kegiatan halaqah serta kepala sekolah SMAS Fajar Hidayah Aceh. Dan beberapa orang siswa mewakili kelas XI dan XII. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi atau pengamatan langsung di lapangan, dan melakukan wawancara mendalam dengan subjek penelitian, serta mengumpulkan dokumentasi yang berhubungan dengan penelitian ini. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan jalan bekerja dengan data, mengorganisasi data, memilah-milahnya menjadi sajian yang dapat dikelola, mensistensisnya, mencari dan menemukan apa yang penting dan apa yang dapat diceritakan kepada orang lain. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa program Halaqah dibagi kepada tiga jenjang, yaitu jenjang pertama, jenjang kedua dan jenjang ketiga. Pengajaran halaqah di SMAS Fajar Hidayah menggunakan beberapa metode pembelajaran, diantaranya adalah metode ceramah, metode demonstrasi, dan metode penugasan. Hasil kemampuan membaca Al-Qur'an siswa secara umum meningkat menjadi lebih baik, namun tidak dalam waktu singkat, minimal satu semester atau 12 pertemuan kemampuan siswa tersebut meningkat menjadi lebih baik. Diharapkan kedepannya program Halaqah sebagai wadah belajar membaca Al-Qur'an siswa mampu melahirkan generasi Islam yang memiliki kompetensi dalam mernbaca Al-Qur'an dan mampu menciptakan generasi Islam yang berakhlakul karimah serta menjadi penghafal Al-Qur'an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Prof. Dr. H. Warul Walidin, AK, MA Pembimbing II : Muhibuddin, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Halaqah, kemampuan membaca Al-Qur'an
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.1 Ilmu-ilmu Al-Qur'an > 2X1.121 Tajwid
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zainuddin Zainuddin
Date Deposited: 11 Nov 2020 03:03
Last Modified: 11 Nov 2020 03:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14774

Actions (login required)

View Item
View Item