Mengembangkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Tugas Terstruktur Berbantuan Blog

Hilmya TH, 150205067 (2020) Mengembangkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Tugas Terstruktur Berbantuan Blog. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Mengembangkan Kemampuan Penalaran Matematis      Siswa Melalui Tugas Terstruktur Berbantuan Blog]
Preview
Text (Mengembangkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Tugas Terstruktur Berbantuan Blog)
Hilmya TH, 150205067, FTK, PMA, 085337847511.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran menurut NCTM adalah siswa memiliki kemampuan bernalar matematis. Penalaran matematis siswa sangatlah penting karena bernalar dibutuhkan untuk semua mata pelajaran, dengan bernalar siswa juga dapat memecahkan masalah di setiap mata pelajaran bahkan dalam kehidupan sehari-hari. Kenyataannya kemampuan penalaran siswa masih tergolong rendah, peneliti menggunakan tugas terstruktur dengan berbantuan blog dalam proses pembelajarannya. Tujuan dalam penelitian yaitu untuk mengetahui bagaimana kemampuan penalaran matematis siswa dengan tugas terstruktur dengan berbantuan blog pada siswa MAN. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 1 Aceh Barat. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan simple random sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X MIA-3 MAN 1 Aceh Barat. Pengumpulan data digunakan dengan lembar tes, hasil observasi dan wawancara siswa dalam kemampuan penalaran matematis. Hasil penelitian yang diperoleh tidak ada peningkatan kemamampuan penalaran matematis siswa yang signifikan dengan diajarkan tugas terstruktur dengan berbantuan blog pada kelas X-MIA 3 MAN 1 Aceh Barat pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Menurut peneliti terdapat beberapa faktor yang menyebabkan tidak meningkatnya kemampuan penalaran matematis yaitu: (1) siswa kurang nyaman dengan guru yang baru, (2) keterbatasan waktu, dan (3) Siswa kurang membiasakan diri dalam mengerjakan soal-soal yang telah diberikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dra. Hafriani M.Pd, Pembimbing II : Lasmi, S.Si., M.Pd
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.7 Matematika
Depositing User: Hilmya TH
Date Deposited: 11 Nov 2020 03:27
Last Modified: 11 Nov 2020 03:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14777

Actions (login required)

View Item
View Item