Peranan Simpan Pinjam Kelompok Perempuan Terhadap Peningkatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Di Unit Pengelola Kegiatan Kecamatan Lembah Sabil, Kabupaten Aceh Barat Daya)

Rosi Nadila, 150602198 (2020) Peranan Simpan Pinjam Kelompok Perempuan Terhadap Peningkatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Di Unit Pengelola Kegiatan Kecamatan Lembah Sabil, Kabupaten Aceh Barat Daya). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Peranan Simpan Pinjam Kelompok Perempuan Terhadap Peningkatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Di Unit Pengelola Kegiatan Kecamatan Lembah Sabil, Kabupaten Aceh Barat Daya)]
Preview
Text (Peranan Simpan Pinjam Kelompok Perempuan Terhadap Peningkatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Di Unit Pengelola Kegiatan Kecamatan Lembah Sabil, Kabupaten Aceh Barat Daya))
Rosi Nadila, 150602198, FEBI, ES, 082372731720.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Usaha Mikro Kecil Menengah masih mengalami kesulitan untuk pengembangan usaha yakni terkendala oleh modal. Keterbatasan modal menjadi penyebab terhambatnya pengembangan usaha karena modal merupakan salah satu unsur terpenting dalam pengembangan usaha bagi masyarakat.Menyikapi kenyataan tersebut salah satu kebijakan pemerintah untuk pengentasan kemiskinan dengan merintis sebuah program. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan simpan pinjam kelompok perempuan terhadap peningkatan usaha mikro kecil dan menengah dalam perspektif ekonomi islam dan apakah konsep akad yang digunakan dalam Simpan Pinjam Kelompok Perempuan sudah sesuai dengan akad dalam islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara,observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian, Simpan Pinjam kelompok Perempuan di UPK Kecamatan Lembah Sabil mempunyai peran penting bagi peningkatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Dan juga pendapatan mereka meningkat, profit yang mereka peroleh semakin besar, begitu juga asset yang dimiliki peminjam semakin bertambah. Konsep akad Simpan Pinjam Kelompok Perempuan di UPK Kecamatan Lembah Sabil yaitu konsep akad murābahah. Konsep akad murābahah yang dipraktekkan pada UPK belum sesuai dengan konsep akad dalam islam, hal ini dikarenakan barang yang ditransaksikan belum sepenuhnya milik Unit Pengelola Kegiatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Puji Aryani, SE., M.Sc., Ph.D Pembimbing II : Hafizh Maulana, S.P.,S.H.I.,ME
Uncontrolled Keywords: Simpan Pinjam Kelompok Perempuan (SPP), dan Peningkatan UMKM
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.22 Pinjam-meminjam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330.4 Pekerja Wanita
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Rosi Nadila
Date Deposited: 23 Nov 2020 03:01
Last Modified: 23 Nov 2020 03:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14810

Actions (login required)

View Item
View Item