Turnitin: Peranan Zakat dalam Penanggulangan Masalah kesejahtraan Sosial di Kecamatan Blang Bintang Aceh Besar

Sabirin, 2027018401 (2020) Turnitin: Peranan Zakat dalam Penanggulangan Masalah kesejahtraan Sosial di Kecamatan Blang Bintang Aceh Besar. Aceh Development International Conference 2015 Proceedings.

[thumbnail of Peranan Zakat dalam Penanggulangan Masalah kesejahtraan Sosial di Kecamatan Blang Bintang Aceh Besar]
Preview
Text (Peranan Zakat dalam Penanggulangan Masalah kesejahtraan Sosial di Kecamatan Blang Bintang Aceh Besar)
Peranan Zakat dalam Penanggulangan Masalah kesejahtraan Sosial di Kecamatan Blang Bintang Aceh Besar.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (407kB) | Preview

Abstract

Tulisan ini tentang peran zakat dalam penanggulangan masalah kesejahtraan sosial oleh Baitul Mal Aceh Besar, dengan mengambil selting di Kecamatan Blang Bintang. Penelitian ini menjawab bagaimana bentuk-bentuk zakat yang disalurkan oleh Baitul Mal Aceh Besar, dan sejauh mana pendistribusian zakat berfungsi dalam penyelesaian kesenjangan sosial di kecamatan Blang Bintang. Ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif, dengan pendekatan sosiologis-antropologis. Tehnik pengumpulan data melalui observasi, interview dan dokumentasi. Temuan dalam penelitian ini diantaranya adalah pertama, kurangnya tenaga teknis, dalam pendampingan dan pendistribusian zakat, baik untuk fakir uzur, keluarga miskin, maupun zakat produktif lainnya. Kedua, zakat produktif belum mampu meningkatkan kesejahtraan bagi masyarakat kabupaten Aceh Besar secara umum dan Kecamatan Blang Bintang secara khusus. Ketiga, sampai saat dilakukan penelitian ini belum ada pemisahan pendapatan Baitul Mal Aceh Besar antara Zakat, Infaq, dan Shadaqah yang menyebabkan zakat, infaq, dan shadaqah masih bercampur baur sehingga menjadi kabur dalam pengelolaannya.

Item Type: Article
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Sabirin Sabirin
Date Deposited: 16 Nov 2020 05:32
Last Modified: 16 Nov 2020 05:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14814

Actions (login required)

View Item
View Item