Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Masyarakat Dalam Membayar Zakat Perkebunan Kelapa Sawit (Pendekatan Structural Equation Modeling)

Aditya Putra Pratama, 150602059 (2019) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Masyarakat Dalam Membayar Zakat Perkebunan Kelapa Sawit (Pendekatan Structural Equation Modeling). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Masyarakat Dalam Membayar Zakat Perkebunan Kelapa Sawit (Pendekatan Structural Equation Modeling)]
Preview
Text (Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Masyarakat Dalam Membayar Zakat Perkebunan Kelapa Sawit (Pendekatan Structural Equation Modeling))
Aditya Putra Pratama, 150602059, FEBI, ES, 081536626411.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya penghimpunan zakat hasil perkebunan kelapa sawit masyarakat yang menyebabkan tidak optimalnya penerimaan daerah dari hasil zakat perkebunan kelapa sawit. Sehingga peneliti tertarik untuk meneliti mengenai faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kepatuhan masyarakat dalam membayar zakat perkebunan kelapa sawit. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan menggunakan model analisis Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian ini menemukan bahwa: 1) Pendapatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan. 2) Religiusitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan. 3) Kepercayaan pada Lembaga zakat memiliki pengaruh negatif namun signifikan terhadap kepatuhan. Dan 4) keberkahan berpengaruh negatif namun tidak signifikan terhadap kepatuhan seseorang membayar zakat. Adapun saran yang dapat dikemukakan dari hasil penelitian ini adalah diharapkan bagi Lembaga untuk melakukan inovasi dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang zakat hasil perkebunan kelapa sawit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Cut Dian Fitri, SE., M.Si., Ak. CA, Pembimbing II : Hafiizh Maulana, SP., S.HI., ME
Uncontrolled Keywords: Zakat, Sawit, SEM, Kepatuhan
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.1 Ibadah > 2X4.1423 Zakat Perusahaan dan Perniagaan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.1 Ibadah > 2X4.1432 Zakat Pertanian, Perkebunan, Perikanan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Aditya Putra Pratama
Date Deposited: 18 Nov 2020 03:49
Last Modified: 18 Nov 2020 03:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14858

Actions (login required)

View Item
View Item