Analisis Pengendalian Risiko Usaha Pedagang Buah Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Pasar Buah Peunayong Banda Aceh)

Nova Yolanda, 150602149 (2020) Analisis Pengendalian Risiko Usaha Pedagang Buah Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Pasar Buah Peunayong Banda Aceh). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Analisis Pengendalian Risiko Usaha Pedagang Buah Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Pasar Buah Peunayong Banda Aceh)]
Preview
Text (Analisis Pengendalian Risiko Usaha Pedagang Buah Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Pasar Buah Peunayong Banda Aceh))
Nova Yolanda, 150602149, FEBI, ES, 082361978744.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Allah SWT menciptakan manusia dengan sifat yang saling membutuhkan antara satu dengan yang lainnya. Allah memberikan inspirasi berupa ilham kepada manusia untuk mengadakan dan melakukan pertukaran perdagangan yang bermanfaat dengan cara jual-beli. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui risiko yang dihadapi pedagang buah. Metode penelitian dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif pengumpulan data dilakukan dengan cara interview (wawancara) dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, risiko yang dihadapi pedagang adalah buah yang tidak layak dijual atau buah busuk. Kedua, dalam pengendalian risiko terdapat beberapa metode, antara lain mengendalikan kerugian, pemisahan dan pemindahan risiko. Ketiga, tinjauan Ekonomi Islam terhadap analisis pengendalian risiko tersebut, ada yang sudah sesuai dengan perniagaan dalam Islam karena pedagang berlaku jujur tetapi terdapat hal-hal yang tidak sesuai dengan penerapannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Puji Aryani, SE., M.Sc., Ph.D Pembimbing II : Seri Murni, S.E., M.Si., Ak
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi > 2X6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Nova Yolanda
Date Deposited: 23 Nov 2020 03:18
Last Modified: 23 Nov 2020 03:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14894

Actions (login required)

View Item
View Item