Pengaruh Akuntabilitas Dana Desa Dan Tingkat Partisipasi Masyarakat Dalam Meningkatkan Pembangunan Infrastruktur Desa (Studi Di Gampong Lampeudeu Baroh Kecamatan Pidie Kabupaten Pidie)

Zulfadzal, 150602200 (2020) Pengaruh Akuntabilitas Dana Desa Dan Tingkat Partisipasi Masyarakat Dalam Meningkatkan Pembangunan Infrastruktur Desa (Studi Di Gampong Lampeudeu Baroh Kecamatan Pidie Kabupaten Pidie). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengaruh Akuntabilitas Dana Desa Dan Tingkat Partisipasi Masyarakat Dalam Meningkatkan Pembangunan Infrastruktur Desa (Studi Di Gampong Lampeudeu Baroh Kecamatan Pidie Kabupaten Pidie)]
Preview
Text (Pengaruh Akuntabilitas Dana Desa Dan Tingkat Partisipasi Masyarakat Dalam Meningkatkan Pembangunan Infrastruktur Desa (Studi Di Gampong Lampeudeu Baroh Kecamatan Pidie Kabupaten Pidie))
Zulfadzal,150602200 , FEBI, ES, 0822273760995.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa dan Partisipasi Masyarakat Terhadap Pembangunan Infrastruktur Desa Lampeudeu Baroh”, bertujuan untuk mengetahui pengaruh akuntabilitas pengelolaan dana terhadap pembangunan infrasruktur di Gampong Lampeudeu Baroh dan untuk mengetahui pengaruh partisipasi masyarakat terhadap pembangunan infrasruktur di Gampong Lampeudeu Baroh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian korelasi. Sampel penelitian 100 orang pelanggan. Teknik pengumpulan data kuesioner. Analisa data menggunakan, uji normalitas, heterogenitas, uji korelasi serta uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa akuntabilitas pengelolaan dana desa (X1) dan Partisipasi Masyarakat (X2) secara simultan berpengaruh terhadap Pembangunan Infrastrukur (Y), hal ini sebagaimana hasil uji Fhitung > Ftabel yaitu 179,526 > 3,09 sesuai dengan dasar pengambilan keputusan dalam uji F dapat disimpulkan bahwa kuntabilitas pengelolaan dana desa dan partisipasi masyarakat secara simultan berpengaruh terhadap pembangunan infrastrukur. Sedangkan hasil Uji t menunjukkan thitung > dari ttabel, atau 14,163 > 1,984, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa terhadap Pembangunan Infrastrukur. Begitu juga partisipasi masyarakat berhubungan signifikan dengan pembangunan infrastruktur karena nilai thitung > dari ttabel, atau 12,921>1,984. Jika dilihat hasil analisis koefisien determinasi terdapat pengaruh akuntabilitas pengelolaan dana desa terhadap pembangunan infrastrukur sebesar 67,2%, sedangkan pengaruh partisipasi masyarakat terhadap pembangunan infrastrukur sebesar 63,0%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi > 2X6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Zulfadzal Zulfadzal
Date Deposited: 26 Nov 2020 04:53
Last Modified: 26 Nov 2020 04:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14927

Actions (login required)

View Item
View Item