Identifikasi Bakteri Escherichia coli dan Salmonella sp. pada Jajanan Kue Basah Yang di Jual di Lingkungan Kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Raisa Maulydia, 140703043 (2019) Identifikasi Bakteri Escherichia coli dan Salmonella sp. pada Jajanan Kue Basah Yang di Jual di Lingkungan Kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Identifikasi Bakteri Escherichia coli dan Salmonella sp. pada  Jajanan Kue Basah Yang di Jual di Lingkungan Kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh]
Preview
Text (Identifikasi Bakteri Escherichia coli dan Salmonella sp. pada Jajanan Kue Basah Yang di Jual di Lingkungan Kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
Raisa Maulydia, 140703043, FST, BIO, 085260952798.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kue basah merupakan produk bakery yang terbuat dari terigu, gula, lemak dan telur, dan banyak diminati di masyarakat pada umumnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis cemaran total bakteri dan keberadaan bakteri Escherechia coli dan Salmonella sp. pada kue basah yang dijual di lingkungan kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Jenis penelitian digunakan observasional yang bersifat deskriptif kualitatif dengan metode TPC untuk total cemaran bakteri dan menggunakan media spesifik untuk bakteri Escherechia coli dan Salmonella sp. Hasil penelitian ditemukan bahwa 10 dari 16 sampel sampel yang diujikan total cemaran bakteri melebihi ambang batas batas yang telah Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI) tahun 2016, dengan batas maksimum jumlah bakteri dalam makanan adalah 104 koloni/g. Dari 16 sampel yang diujikan, terdapat 1 sampel terdeteksi bakteri Escherechia coli dan Salmonella sp.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Lenni Fitri, S. Si., MP Pembimbing II : Diannita Harahap, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kue Basah, Total Plate Count (TPC), E. coli, Salmonella sp.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 579 Mikro Organisme, Fungi, Algae(alga Ganggang)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Biologi
Depositing User: Raisa Maulydia
Date Deposited: 27 Nov 2020 03:37
Last Modified: 27 Nov 2020 03:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14932

Actions (login required)

View Item
View Item