Pengaruh Pembiayaan Mikro, Kecil, dan Menengah Terhadap Pendapatan Nasabah Pada Bank Aceh Syariah Cabang Idi Aceh Timur

Safriani, 170603247 (2020) Pengaruh Pembiayaan Mikro, Kecil, dan Menengah Terhadap Pendapatan Nasabah Pada Bank Aceh Syariah Cabang Idi Aceh Timur. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengaruh Pembiayaan Mikro, Kecil, dan Menengah Terhadap Pendapatan Nasabah Pada Bank Aceh Syariah Cabang Idi Aceh Timur]
Preview
Text (Pengaruh Pembiayaan Mikro, Kecil, dan Menengah Terhadap Pendapatan Nasabah Pada Bank Aceh Syariah Cabang Idi Aceh Timur)
Safriani, 170603247, FEBI, PS, 085296542604.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pembiayaan UMKM dalam bentuk modal usaha terhadap pendapatan usaha nasabah. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif menggunakan analisis regresi linier sederhana. Adapun penentuan sampel menggunakan rumus slovin, sampel yang diperoleh dalam penelitian ini sebanyak 70 responden. teknik dalam mengumpulkan data menggunakan kuisioner untuk pengolahan data menggunakan bantuan program IMB SPSS Statistics 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pembiayaan mikro dalam bentuk modal usaha berpengaruh positif terhadap pendapatan usaha nasabah, setiap adanya penambahan atau peningkatan pembiayaan mikro untuk UMKM dalam bentuk modal usaha sebesar 1 maka pendapatan usaha nasabah akan meningkat sebesar 0,726. Koefisien bernilai positif artinya terdapat hubungan positif antara pembiayaan mikro terhadap pendapatan usaha nasabah. Semakin bertambah jumlah pembiayaan mikro maka semakin meningkatkan pendapatan usaha nasabah. Jika variabel bebas = 0 atau variabel pembiayaan tidak mempengaruhi variabel pendapatan maka nilai constanta pada variabel pendapatan adalah sebesar 0,876, yakni berpengaruh positif. Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh yang diberikan oleh pembiayaan mikro terhadap pendapatan usaha nasabah, terlihat dengan terus meningkatnya jumlah pembiayaan yang disalurkan oleh Bank Aceh Syariah Cabang Idi Aceh Timur ke sektor UMKM. Jadi secara keseluruhan terdapat hubungan antara pembiayaan UMKM terhadap pendapatan usaha nasabah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Azharsyah, SE., Ak., M.S.O.M Pembimbing II : A. Rahmad Adi, SE., M.Si
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan, UMKM, Pendapatan, Bank Aceh Syariah
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.27 Bank, Termasuk Baitul Mal Wat Tamwil
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Safriani Safriani
Date Deposited: 08 Dec 2020 03:57
Last Modified: 08 Dec 2020 03:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14983

Actions (login required)

View Item
View Item